Bagaimana meningkatkan daya saing
usaha toko kelontong kita disaat persaingan begitu ketat dengan bermunculannya
supermarket dan minimarket waralaba?
Sebuah transaksi jula beli akan
terjadi jika kita benar-benar memberikan rangsangan kepada pelanggan dengan
pelayanan yang optimal, dengan nilai interaksi yang optimal, dengan tata
letak yang jelas dan tampilan visual yang kuat, dan dapat pula
dengan memberi mereka ide tentang apa yang akan mereka konsumsi dalam beberapa
jam ke depan. Dan jika kita tidak melakukannya, pengusaha ritel lain di
lingkungan kita mungkin telah melakukannya.
Maka dibutuhkan beberapa ide dan
pemikiran baru untuk selalu melakukan penyegaran pada usaha toko kita. Namun
jangan sampai berkonsentrasi terlalu keras bagaimana mempertahankan usaha,
hingga kita lupa untuk menerapkan ide yang sudah ada, dimana kita menjadi
kehilangan senyum di belakanh meja kasir saat pelanggan datang. J
Pada tahap penarikan kesimpulan dan
strategi yang akan kita terapkan pada toko / minimarket, hal utama yang perlu
kita lakukan adalah mengatasi kelemahan kita dengan terus melakukan perbaikan,
serta terus mengoptimalkan kekkuatan yang kita miliki.
Pada kolom A sampai D,
merupakan analisis mendetail dari setiap komponen yang kita punya terhadap
faktor eksternal yang mempengaruhi. Dengan jelas dan tepat telah kita petakan
setiap komponen yang mempengaruhi perkembangan usaha, sehingga tak hayal jika
kita terapkan dengan baik, maka strategi ini akan tepat sasaran dan optimal.
Setelah kita selesai dengan list strategi yang akan kita gunakan, maka apa yang kita tunggu?
Masa depan usaha ritel toko kelontong/ minimarket adalah
tentang bagaimana kita dapat bersikap aktif, dan tidak menjadi pasif terhadap
faktor eksternal yang sangat dinamis. Menjadi aktif untuk terus mengubah pola
dan tata letak toko agar sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Sebuah ide baik jika
kita mengelola toko menjadi sebuah tim yang aktif memberikan pelayanan terbaik
sehingga pelanggan benar-benar merasa lebih baik untuk mengunjungi toko kita
dan timbul keterikatan yang harmonis.
Singkatnya, strategi mempertahankan
daya saing ini tentang memberikan nilai pada kekurangan dan kelemahan kita
dengan cerdas sehingga menjadi sebuah kekuatan untuk bertahan dan bersaing.
Tidak cukup hanya mengandalkan aset yang saat ini sudah kita miliki. Kita perlu
meluangkan waktu untuk memoles dan menyempurnakannya agar benar-benar optimal
dan berjalan sinergi untuk menghadapi persaingan bisnis.
Sebagian besar pengusaha toko /
minimarket independen sudah melakukan hal ini. Jadi apakah kita akan tetap
pasif dengan persaingan usaha yang begitu dinamis ini?
Sentra Rak memiliki berbagai kebutuhan
upgrade display toko anda dengan menyediakan berbagai kebutuhan rak minimarket
dan perlengkapan belanja lainnya dengan kualitas terbaik. Berbagai desain dan
warna rak gondola yang menarik telah ready untuk mengupgrade tampilan toko
minimarket anda sehingga mampu bersaing dengan minimarket waralaba dan
supermarket ternama.
Comments
Post a Comment