Skip to main content

Stock Opname Pada Retail Modern


Pengertian Stock Opname menurut tata pergudangan adalah kegiatan mendata fisik barang dengan cara mencocokan dengan stock pada system. Istilah stock opname bisa juga di sebut dengan istilah stock take. Proses ini biasanya melibatkan lokasi, rak, lot, gudang, serta barang dan jumlahnya. Stock opname dilakukan sebagai mekanisme dan kontrol terhadap arus masuk (in) dan keluar (out) barang, dimana proses ini akan dilakukan penghitungan stock secara fisik untuk dicocokkan dengan stock yang tercatat di dalam system.

 

Mengapa Melakukan Stock Opname

Lakukan stock opname di toko, jika mempunyai salah satu alasan diantara beberapa alasan berikut :
  • ingin membandingkan laporan tahun lalu atau periode yang lalu dengan laporan yang ada sekarang, m sehingga dapat mengetahui perkembangan usaha dari waktu ke waktu
  • terjadi selisih antara laporan stock kartu dan jumlah akhir stock barang dengan jumlah barang sebenarnya sehingga akan tahu jika ada barang yang hilang.
  • Membandingan jumlah barang di Rak atau Gudang dengan data di Komputer. Metode ini lebih valid, karena cukup dengan menggunakan slip penjualan yang di cetak oleh system komputer, maka  sudah otomatis mempunyai kartu stock barang, yang di jamin ke validannya. Sehingga  bisa mengetahui jika ada barang yang hilang, sekaligus menilai berapa Rupiah, besarnya kehilangan
" Percuma stock opname jika tidak ada pembanding atau tidak membuat laporan keuangan"

Fungsi dan kegunaan Stock Opname :

  • Memastikan data stock actual barang atau kargo dilokasi ( rak / gudang ) sesuai dengan data stock inventory system setiap harinya.
  • Membantu memastikan seluruh aktifitas receiving dan delivery berjalan dengan benar tepat dan lancar sesuai dengan prosedur kerja yang dibuat.
  • Mengetahui arus barang / kargo yang keluar atau masuk setiap harinya.
  • Mengetahui kondisi persediaan stock barang secara rill.

 

Periode Stock Opname :

  • Stock Opname Movement ( harian ) / Mingguan
yang di stock (dihitung) hanya sebagian barang saja. Hal ini hanya bisa dilakukan jika Anda sudah punya system komputer yang baku ( Contoh seperti IndoMart atau AlfaMart)
  • Stock Opname Bulanan
Hal ini di tentukan tingkat urgenitas (kepentingan) dan kemampuan dalam malakukan stock opname. Semakin banyak barang, seharusnya jarak waktu stock opname juga harus semakin lama. Agar pekerjaan kita sehari-hari tidak habis hanya untuk melakukan stock opname
  • Stock Opname Tahunan
stock opnme dilakukan di akhir tahun karena berhubungan dengan pembuatan laporan keuangan ditahun yang baru

 

Proses Stock Opname :

  • Persiapan stock opname
  • Pembagian lokasi stock opname
  • Pelaksanaan stock opname
  • Penggumpulan data stock opname
  • Compare data stock opname
  • Reporting hasil stock opname

 Tips Stock Opname :

  • Pada saat melakukan stock opname tidak boleh ada barang yang keluar atau masuk (stock opname Total). Artinya toko akan tutup sementara hingga proses stock opname selesai.
  • Perhitungan dilakukan oleh pihak Independen (pihak yang tidak ada kaitan dengan barang yang akan dihitung).
  • Jika diperlukan akurasi yang tinggi, sebaiknya satu jenis barang dihitung oleh dua orang / kelompok dalam waktu yang tidak bersamaan.
  • Menggunakan peralatan pendukung yang telah terkomputerisasi
Sentra Rak, anak dari PT Marmon Indonesia, merupakan perusahaan penyedia kebutuhan rak untuk hypermarket, supermarket, dan minimarket yang telah dipercaya oleh beberapa perusahaan retail ternama di Indonesia, diantaranya Hypermart, Transmart, Carefour, Boston, Foodmart, dll.  WA 087875085602.



Sumber :
www.fikazha.blogspot.com/2015/10/prosedur-kerja-stock-opname-stock-take www.tokomaterial.wordpress.com/2012/05/11/stock-opname-apa-dan-bagaimana

Comments

  1. Penjelasan mengenai stock opname diatas memang sangat baik sekali. Kita juga menyadari jika stock opname sangat dibutuhkan pada perusahaan untuk mengontrol dan mengelola kinerja perusahaan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Meningkatkan Efisiensi Dengan Rak, Shelving, Dan Storage Vertikal

Berfokus pada nilai efisiensi dalam memaksimalkan ruang yang tersedia, dan menjaga pekerja tetap aman saat aktifitas mereka, maka perusahaan dan pelaku usaha ritel dan grosir mengintegrasikan lebih banyak rak susun, rak gondola shelving, dan rak gudang ke dalam inventaris usaha mereka. Untuk memanfaatkan gudang dan ruang DC (Distribution Center) yang ada dengan lebih baik, serta mempercepat proses flow barang, pelayanan dalam meningkatkan efisiensi, serta menjaga agar pekerja tetap aman, dan menertipkan SKU yang digunakan, perusahaan ritel menggunakan Rak, Shelving, dan Storage Vertikal untuk membantu mereka. Beberapa inovasi baru muncul, membantu pengusaha mendapatkan efisiensi dan mengoperasikan gudang yang lebih cerdas, lebih cepat dan lebih baik. Moving up, not out Sistem yang direkayasa yang menggabungkan struktur multi level adalah sistem yang banyak digunakan saat ini untuk Solusi Penyimpanan. Seiring perusahaan memasukkan struktur penyimpanan multi-level ini ke dalam g

Contoh sistem FIFO, LIFO, AVCO, dan FEFO dalam flow barang dagangan

Mengatur keluar masuknya barang di toko kelontong adalah hal yang harus diperhatikan dan juga perlu dilakukan pencatatan dengan jelas seperti kita bahas pada artikel sebelumnya . Mengapa pencatatan ini penting, agar kita dapat mengetahui persediaan barang di rak gudang beserta harga yang berlaku. Dalam mengatur stok barang dagangan, kita mengenal beberapa sistem diantaranya FIFO, LIFO, FEFO, dan AVCO. Masing-masing sistem manajemen barang tersebut dapat diterapkan dengan model pencatatan Perpetual ataupun Periodik. Sebelum kita bahas bagaimana contoh sistem flow barang dagangan, akan sedikit kami jabarkan tentang sistem pencatatannya dalam akuntansi sederhana. Sistem pencatatan persediaan Perpetual mencatat persediaan barang dagangan dan harga pokok penjualan yang diperbarui terus-menerus pada setiap transaksi jual beli. Dalam sistem persediaan Periodik, persediaan barang dagangan dan harga pokok penjualan tidak diperbarui terus menerus. Sebaliknya pembelian dicatat pada ak

Menentukan Harga Jual Murah di Toko Kelontong/Minimarket

Menentukan harga jual merupakan salah satu kunci sukses  bisnis toko kelontong/minimarket . Perlu anda ketahui salah satu kunci sukses menjual adalah harga yang murah. Lalu Bagaimana dong saya menentukan harga jual agar tidak kemahalan? Apabila anda pemula mungkin belum mempunyai gambaran, “Berapa ya harga ecerannya?” Kalau anda bertanya kepada pebisnis toko kelontong / minimarket yang sudah sukses kemungkinan besar tidak akan diberi tahu sebab ibarat seorang Chef yang selalu merahasiakan resep andalannya. Bagi pemula, hal pertama yang perlu anda tanamkan adalah image TOKO MURAH dari pembeli untuk toko kelontong / minimarket anda. Karena apabila image murah sudah melekat di toko anda akan lebih mudah mengembangkan toko . Namun apabila dari awal toko anda sudah dicap mahal akan lebih sulit mengubah image tersebut dan akibatnya jelas toko anda akan sulit untuk berkembang. Bagaimana strategi menentukan harga jual murah untuk toko kelontong / minimarket anda, diantarany

Cara Membuat dan Menggunakan Planogram Toko Kelontong Modern

Menata barang dagangan di toko dirasa penting dalam mempertahankan sebuah toko yang menguntungkan. Display dan penataan yang baik akan memudahkan anda dalam mengelola flow barang. Selain itu display yang rapi dan terprogram akan tampak lebih menarik bagi pelanggan. Seiring meningkatnya persaingan, para distributor dan pengusaha ritel menjadi lebih sadar akan pentingnya merchandising produk dengan benar. Kesadaran itu mengarah pada tampilan penjualan, perencanaan, dan alat pemasaran lainnya yang lebih baik. Untuk mewujudkan penataan yang baik dalam sebuah toko, kita butuh sebuah planogram. Apa itu planogram? Planogram adalah diagram visual, denah, sketsa, atau gambar, yang memberikan detail jumlah dan dimana setiap produk ditempakan di rak minimarket dalam sebuah toko untuk memaksimalkan penjualan. Planogram merupakan bagian dari rencana  visual merchandising. Skema ini tidak hanya menampilkan lokasi sebuah barang dikelompokkan di dalam tata letak toko tetapi juga menunjukkan l

Memperindah dan Menghemat Ruang Minimarket

Ruang penjualan toko kelontong/minimarket yang sempit merupakan tantangan tersendiri bagi calon pengusaha ritel modern. Sempitnya ruang ditambah dengan banyaknya jumlah dan varian barang yang akan dijual biasanya akan membuat suasana toko/minimarket tradisional menjadi penuh sesak dan terkesan berantakan, apadahal sudah sedemikina rupa disusun dan dirapikan. Apa yang salah dari toko tradisional tersebut? Mereka mengesampingkan hadirnya rak gondola minimarket dan rak gudang yang mereka anggap sebagai perlengkapan toko yang membutuhkan banyak alokasi modal, sehingga tak jarang mereka lebih memilih menggunakan rak seadanya. Kekeliruan pertimbangan awal ini ternyata sangat berpengaruh besar terhadap kelangsungan usaha mereka. Rak minimarket dengan berbagai macam variannya perlu dihadirkan sebagai rak display yang terorganisir dengan baik, sehingga akan mempercantik toko anda dan akan banyak menghemat ruang. Barang dagangan yang tertata rapi secara vertikal pada arak shel