Menentukan harga jual merupakan salah satu kunci sukses bisnis toko kelontong/minimarket. Perlu anda ketahui salah satu kunci sukses menjual adalah harga yang murah. Lalu Bagaimana dong saya menentukan harga jual agar tidak kemahalan?
Apabila anda pemula mungkin belum
mempunyai gambaran, “Berapa ya harga
ecerannya?”
Kalau anda bertanya kepada pebisnis
toko kelontong / minimarket yang sudah sukses kemungkinan besar tidak akan
diberi tahu sebab ibarat seorang Chef yang selalu merahasiakan resep andalannya.
Bagi pemula, hal pertama yang perlu
anda tanamkan adalah image TOKO MURAH
dari pembeli untuk toko kelontong / minimarket anda. Karena apabila image murah
sudah melekat di toko anda akan lebih mudah mengembangkan
toko. Namun apabila dari awal toko anda sudah dicap mahal akan lebih sulit
mengubah image tersebut dan akibatnya jelas toko anda akan sulit untuk
berkembang.
Bagaimana strategi menentukan harga
jual murah untuk toko kelontong / minimarket anda, diantaranya:
- Harga yang disarankan
Apabila
produsen menyertakan harga yang disarankan dikemasan atau lewat iklan di media
usahakan anda mengikuti harga yang disarankan tersebut kalau tidak, bisa saja
pembeli protes dan menganggap harganya kemahalan.
Misalnya
Kopi Ok Rp.500 ; Masako Rp.1000=3 ; Downy Rp.500 ; Rapika Rp.500 ; Big Cola
Rp.3000 ; Hit Mat Rp.1000 ; Hit Magic Rp.500 ;Mamypoko M/L Rp.2000 ; Mamy Poko
S Rp.1500 ; Sunlight Rp.1500.
- Harga mengikuti pecahan rupiah
Misalnya
500, 1.000, 1.500, 2.000, 2.500 dan seterusnya.
Dengan
Menerapkan harga ini bisa membantu meningkatkan jumlah penjualan.
Agar lebih
jelas kami memberi gambaran ketika seseorang membeli suatu barang tadinya
niatnya membeli satu namun karena kembaliannya bisa /pas untuk beli satu lagi
akhirnya membeli 2 atau pembeli membawa uang Rp.5000 karena harga barangnya
Rp.1000 akhirnya sekalian membeli 5.
Untuk Lebih
jelasnya saya ambil satu contoh penerapan Kecap Bango 70ml modalnya Rp.2250
harga jualnya Rp.2500.
- Angka depan lebih kecil
Strategi ini
sering dijumpai pada toko modern yang menggunakan label harga yang jelas pada
setiap item barang di rak
gondola yang dijualnya. Misalnya, harga telur perkilo Rp 20.000,- akan
tampak lebih mahal apabila dibandingkan dengan harga Rp 19.800,- Kesan angka
depan yang lebih kecil memberi dampak pada anggapan singkat pembeli terhadap
barang yang bisanya mereka memilih dan melihat barang dengan cepat, dan
membandingkannya dengan cepat pula. Walaupun setelah ditelisik lebih dalam,
selisihnya hanya 100 – 200 rupiah.
- Harga Tanggung
Strategi ini
digunakan khususnya untuk menghadapi persaingan yang ketat.
Syaratnya
anda harus tahu dulu harga termurah di pasaran berapa atau perkiraan harga
termurah di pasaran berapa. Bila harga anda bisa di bawah harga termurah di pasaran
(istilahnya Harganya Masuk), silahkan terapkan. Namun bila tidak bisa atau
tidak masuk harganya anda bisa menerapkan harga di atas termurah di pasaran
namun selisih sedikit. Patokannnya antara Rp.100-300.
Dengan
strategi ini manfaat yang bisa diraih adalah apabila harga anda di bawah harga
pasaran akan terkesan lebih murah walaupun sebenarnya beda dikit atau bila di atas
pasaran harga tidak terkesan mahal.
Contoh: Harga
Beras termurah dipasaran Rp.6500 sedangkan modal beras perliternya Rp.6000
berarti anda bisa menerapakan harga di bawah pasaran, misalnya Rp.6400 atau
Rp.6300 walaupun selisihnya Rp.100/200 tapi kesannya harganya murah
(apalagi
kalau beda angka depannya misalnya 7000 dengan 6900).
- Harga untuk barang yang cepat laku ambil untung di kisaran 10%.
Misalnya
Perkilo mengambil keuntungan Rp.500; Perliter
Rp.500, ; Gas 3 kg pertabung Rp.1000
- Barang yang lakunya lama ambil untung di 20-25 %
Misalnya
untuk harga Obat dan Parfum.
- Alat tulis, minimal di profit 25%.
Misalnya
Buku tulis, Buku gambar, Kertas folio, Pulpen, Pencil, Lem Kertas, Penghapus.
- Barang kardusan ambil untung di kisaran > Rp.1000.
Misalnya
Aqua gelas,Monair gelas, dll.
- Minuman dingin ambil untung minimal 25%.
Apabila Anda
menggunakan showcase. Misalnya Teh botol, Coca cola, Aqua, NuGreenTea, Ale-ale,
Teh Rio, Susu Ultra, Teh Kotak, Mizone, dsb
- Harga Mainan 50-100%.
Barang
permainan anak-anak :
boneka,
mobil –mobilan,bola, pestol pestolan,dll
Tolak ukur
keberhasilan strategi menentukan harga jual ini adalah semakin banyak jumlah
pembeli serta jumlah barang yang terjual atau bisa juga banyak pembeli yang
sudah pernah membeli barang kemudian membeli lagi barang yang sama serta tidak
ada yang komplain harga kemahalan.
Strategi
ini bersifat fleksibel tidak harus seperti itu anda bisa mengubahnya sesuai
dengan kondisi
toko anda.
Rumus
Menentukan Pengambilan Keuntungan Berdasarkan Prosentase
PK=M
x P /100
PK
= Pengambilan keuntungan dalam Rupiah (RP)
M
= Modal
P
= Prosentase yang diinginkan
Harga
Modal Kecap Bango 70 ml Rp 1250 anda Ingin Pengambilan keuntungannya 20%.
Berapa
Rupiah Keuntungan yang saya ambil?Berapa harga jualnya?
Dengan
memakai rumus diatas berarti 1250x20/100=Rp.250
Berarti
Harga jualnya Rp.1250+Rp.250=Rp.1500
Sumber : http://www.slideshare.net/DanangHernowo/strategi-menentukan-harga-jual
Comments
Post a Comment