Skip to main content

CEK TOKO SEBELAH


-Tips bersaing dengan Alfamart dan Indomaret-


Omset minimarket anda merosot drastis dengan dibukanya Alfamart dan Indomaret di ruko sebelah (baca : toko sebelah)? Apakah keberadaan toko sebelah ini akan mengkerutkan nyali anda untuk bersaing? Baiklah, mari kita cek trik apa saja yang dapat anda pakai untuk menghadapi persaingan ini.
Mengapa toko sebelah anda ini bisa dibilang sebuah ritel yang kuat? karena mereka memiliki banyak cabang, peraturan ritel yang ketat dari pusat, dan memiliki promo yang menarik. Namun dibalik kekuatan itu sebenarnya ada kelemahan. Hey!! Mereka punya kelemahan!

Tidak mudah untuk menambah jenis produk.  
Toko sebelah anda tadi karena sudah diatur seragam untuk setiap cabangnya dari pusat. Jenis produk, ukuran produk bahkan jumlah pembelian juga telah diatur secara seragam dari pusat. Ini merupakan keuntungan bagi anda! Bagaimana caranya? Dengan anda hanya memiliki satu toko saja, tentu mudah untuk menambahkan barang dagangan. Jual barang yang sama dengan toko sebelah dan tambahkan beberapa produk yang mereka tidak jual seperti ATK, pernak-pernik kado, aksesoris, perlengkapan bayi, galon isi ulang, bunga potong, dll. Apa yang terjadi saat konsumen kecewa dengan toko sebelah? Ya. Mereka akan datang ke toko anda sebagai “cek toko sebelah”.

Harga promo dibawah harga grosir
Toko sebelah memberikan promo untuk barang-barang tertentu bahkan harganya dibawah harga grosir, dan mereka melakukan minus margin. Ya, harga promo ini bisa jadi kelemahan mereka jika kita dapat memiliki strategi yang tepat. Bagaimana caranya? Beli habis semua barang yang mereka promosikan, itung-itung anda kulakan dengan harga lebih murah dari grosir, tidak perlu transport, dan hanya butuh persiapan uang kas. Kemudian pasang iklan dan pajang barang tersebut sebagai promosi di toko anda. Apa yang terjadi? Saat pelanggan kecewa dengan barang kosong di toko sebelah, mereka akan melihat promo di toko anda sebagai “cek toko sebelah” juga memberikan promo yang sama. Taraaa!! Lakukan lagi untuk hari-hari berikutnya!

Tidak mudah berkomunikasi dengan konsumen
Karyawan toko sebelah memiliki prosedur pelayanan yang sudah dipatenkan dan mereka manjadi tidak bebas untuk menyampaikan informasi yang komunikatif pada setiap konsumen. Nah, ini merupakan kelebihan toko anda! Bagaimana caranya? Bicaralah pada setiap pelanggan bahwa produk A di toko ini lebih murah dibandingkan dengan toko sebelah, silahkan cek. Informasi dan komunikasi ini akan mematahkan anggapan konsumen bahwa toko sebelah lebih murah. Nah, tidak hanya sampai di situ saja, anda perlu berbicara pada setiap orang yanglewat di depan toko anda, dengan membuat spanduk iklan "MINIMARKET TERMURAH, LEBIH MURAH DARI SEBELAH-SEBELAH" Cek Toko Sebelah!


Nah, itu tadi beberapa trik cerdas menghadapi persaingan dengan Alfamart dan Indomaret. Bagaimana? Nyali dan semangat anda kembali bangkit? Mari kita terus berusaha mengembangkan usaha minimarket kita. Selain trik diatas, anda dapat membuat minimarket anda menjadi lebih menarik dengan mendesain dan mengatur brand minimarket anda. Yang dapat anda lakukan diantaranya dengan mengecat ulang, menata rak minimarket, memilih desain rak minimarket yang unik dan berkualitas. Percayakan rak minimarket anda pada Sentra Rak yang telah berpengalaman menangani beberapa ritel besar di indonesia.
Salam Sukses!!




Sumber : Wan, M.H. 2016. Menghadang Alfamart dan Indomaret. www.facebook.com

Comments

Popular posts from this blog

Contoh sistem FIFO, LIFO, AVCO, dan FEFO dalam flow barang dagangan

Mengatur keluar masuknya barang di toko kelontong adalah hal yang harus diperhatikan dan juga perlu dilakukan pencatatan dengan jelas seperti kita bahas pada artikel sebelumnya . Mengapa pencatatan ini penting, agar kita dapat mengetahui persediaan barang di rak gudang beserta harga yang berlaku. Dalam mengatur stok barang dagangan, kita mengenal beberapa sistem diantaranya FIFO, LIFO, FEFO, dan AVCO. Masing-masing sistem manajemen barang tersebut dapat diterapkan dengan model pencatatan Perpetual ataupun Periodik. Sebelum kita bahas bagaimana contoh sistem flow barang dagangan, akan sedikit kami jabarkan tentang sistem pencatatannya dalam akuntansi sederhana. Sistem pencatatan persediaan Perpetual mencatat persediaan barang dagangan dan harga pokok penjualan yang diperbarui terus-menerus pada setiap transaksi jual beli. Dalam sistem persediaan Periodik, persediaan barang dagangan dan harga pokok penjualan tidak diperbarui terus menerus. Sebaliknya pembelian dicatat pada ak

Meningkatkan Efisiensi Dengan Rak, Shelving, Dan Storage Vertikal

Berfokus pada nilai efisiensi dalam memaksimalkan ruang yang tersedia, dan menjaga pekerja tetap aman saat aktifitas mereka, maka perusahaan dan pelaku usaha ritel dan grosir mengintegrasikan lebih banyak rak susun, rak gondola shelving, dan rak gudang ke dalam inventaris usaha mereka. Untuk memanfaatkan gudang dan ruang DC (Distribution Center) yang ada dengan lebih baik, serta mempercepat proses flow barang, pelayanan dalam meningkatkan efisiensi, serta menjaga agar pekerja tetap aman, dan menertipkan SKU yang digunakan, perusahaan ritel menggunakan Rak, Shelving, dan Storage Vertikal untuk membantu mereka. Beberapa inovasi baru muncul, membantu pengusaha mendapatkan efisiensi dan mengoperasikan gudang yang lebih cerdas, lebih cepat dan lebih baik. Moving up, not out Sistem yang direkayasa yang menggabungkan struktur multi level adalah sistem yang banyak digunakan saat ini untuk Solusi Penyimpanan. Seiring perusahaan memasukkan struktur penyimpanan multi-level ini ke dalam g

Menentukan Harga Jual Murah di Toko Kelontong/Minimarket

Menentukan harga jual merupakan salah satu kunci sukses  bisnis toko kelontong/minimarket . Perlu anda ketahui salah satu kunci sukses menjual adalah harga yang murah. Lalu Bagaimana dong saya menentukan harga jual agar tidak kemahalan? Apabila anda pemula mungkin belum mempunyai gambaran, “Berapa ya harga ecerannya?” Kalau anda bertanya kepada pebisnis toko kelontong / minimarket yang sudah sukses kemungkinan besar tidak akan diberi tahu sebab ibarat seorang Chef yang selalu merahasiakan resep andalannya. Bagi pemula, hal pertama yang perlu anda tanamkan adalah image TOKO MURAH dari pembeli untuk toko kelontong / minimarket anda. Karena apabila image murah sudah melekat di toko anda akan lebih mudah mengembangkan toko . Namun apabila dari awal toko anda sudah dicap mahal akan lebih sulit mengubah image tersebut dan akibatnya jelas toko anda akan sulit untuk berkembang. Bagaimana strategi menentukan harga jual murah untuk toko kelontong / minimarket anda, diantarany

Cara Membuat dan Menggunakan Planogram Toko Kelontong Modern

Menata barang dagangan di toko dirasa penting dalam mempertahankan sebuah toko yang menguntungkan. Display dan penataan yang baik akan memudahkan anda dalam mengelola flow barang. Selain itu display yang rapi dan terprogram akan tampak lebih menarik bagi pelanggan. Seiring meningkatnya persaingan, para distributor dan pengusaha ritel menjadi lebih sadar akan pentingnya merchandising produk dengan benar. Kesadaran itu mengarah pada tampilan penjualan, perencanaan, dan alat pemasaran lainnya yang lebih baik. Untuk mewujudkan penataan yang baik dalam sebuah toko, kita butuh sebuah planogram. Apa itu planogram? Planogram adalah diagram visual, denah, sketsa, atau gambar, yang memberikan detail jumlah dan dimana setiap produk ditempakan di rak minimarket dalam sebuah toko untuk memaksimalkan penjualan. Planogram merupakan bagian dari rencana  visual merchandising. Skema ini tidak hanya menampilkan lokasi sebuah barang dikelompokkan di dalam tata letak toko tetapi juga menunjukkan l

Memperindah dan Menghemat Ruang Minimarket

Ruang penjualan toko kelontong/minimarket yang sempit merupakan tantangan tersendiri bagi calon pengusaha ritel modern. Sempitnya ruang ditambah dengan banyaknya jumlah dan varian barang yang akan dijual biasanya akan membuat suasana toko/minimarket tradisional menjadi penuh sesak dan terkesan berantakan, apadahal sudah sedemikina rupa disusun dan dirapikan. Apa yang salah dari toko tradisional tersebut? Mereka mengesampingkan hadirnya rak gondola minimarket dan rak gudang yang mereka anggap sebagai perlengkapan toko yang membutuhkan banyak alokasi modal, sehingga tak jarang mereka lebih memilih menggunakan rak seadanya. Kekeliruan pertimbangan awal ini ternyata sangat berpengaruh besar terhadap kelangsungan usaha mereka. Rak minimarket dengan berbagai macam variannya perlu dihadirkan sebagai rak display yang terorganisir dengan baik, sehingga akan mempercantik toko anda dan akan banyak menghemat ruang. Barang dagangan yang tertata rapi secara vertikal pada arak shel