Skip to main content

12 Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Toko Anda


Toko yang Anda kelola makin hari makin sepi pengunjung? Ataukah omset yang dihasilkan tak pernah bertambah? Atau bahkan Anda tak pernah lagi mendapat untung besar sebagaimana saat pertama kali pembukaan toko?
Jika hal di atas menimpa bisnis Anda, maka ada sesuatu yang salah pada diri Anda dalam mengelola toko. Karena itu, sebelum memikirkan cara bagaimana meningkatkan penjualan toko, pikirkan dahulu kesalahan yang telah terjadi di toko dengan cara melakukan evaluasi.
  1. Evaluasi toko
    Evaluasilah bagaimana strategi pemasaran yang dijalankan, sistem keuangan yang dilakukan hingga segala administrasi toko meski yang terkecil sekalipun. Setelah itu, mulailah bangkit untuk memperbaiki segala kesalahan. Bangun lah ide-ide segar yang dapat menghidupkan kembali toko Anda.
  2. Kenali pelanggan
    Lakukanlah riset barang apa saja di toko Anda yang sangat diminati pelanggan. Lalu pastikan bahwa barang tersebut selalu tersedia dan dalam jumlah stok yang aman. Catat pula barang yang ditanyakan pengunjung toko namun ia tak mendapatkannya di toko Anda. Beli atau buatlah barang yang dicari tersebut dan jadikan barang tersebut sebagai salah satu produk jual di dalam toko Anda.
  3. Berikan kenyamanan
    Untuk meningkatkan penjualan toko, maka berikanlah pelayanan yang baik kepada setiap pengunjung dan pelanggan. Berikanlah kenyamanan toko, dengan memberi pendingin ruangan, penempatan Rak yang rapi. Kebersihan dan kerapihan juga menjadi salah satu faktor pengunjung betah hingga menjadi pelanggan yang loyal. Susunlah barang-barang jualan dengan rapih dan teratur di atas susunan Rak Gondola agar mudah dicari dan dilihat pelanggan.
  4. Bersikaplah jujur
    Jangan pernah sekalipun berdusta pada pembeli. Membohongi pembeli dapat memberikan citra negatif pada toko Anda. Alhasil, pembeli akan kecewa dan enggan kembali ke toko Anda. Mereka akan beralih ke toko lain pesaing Anda.
  5. Pasang tarif umum
    Memasang tarif yang terlalu mahal dari harga pasaran akan membuat pelanggan kabur dari toko Anda. Pasang saja tarif umum yang ada di pasaran. Apabila laba Anda kecil jika tidak menaikkan tarif harga, maka evaluasilah mana yang bisa dikurangi, baik dalam biaya produksi atau pembelian grosir, ataukah dari biaya pembukaan toko.
  6. Sediakan lahan parkir
    Parkir merupakan salah satu layanan toko yang paling dicari. Pengunjung akan ragu untuk mengunjungi toko Anda jika tidak tersedia parkir yang memadai. Jika pengunjung pun enggan datang maka bagaimana cara Anda meningkatkan pendapatan toko? Tentu itu sangat sulit dilakukan.
  7. Rekrut karyawan toko yang ulet
    Carilah pegawai toko yang giat dalam bekerja, berkata jujur, ramah dan sopan santun, serta aktif dalam menawarkan produk-produk yang dijual di toko. Hal ini akan sangat menunjang bisnis Anda dan membuat pengunjung nyaman hingga menjadi pelanggan setia.
  8. Buat inovasi
    Tingkatkan ilmu bisnis Anda dengan cara mengobrol dengan pelaku bisnis yang lebih berpengalaman. Lalu buatlah inovasi pada toko Anda. Apapun itu, inovasi bisnis merupakan strategi jitu dalam meningkatkan penjualan.
  9. Modernisasi toko
    Pakailah mesin administrasi dan kasir yang modern. Selain dapat mengelola keuangan toko dengan rapi, hal tersebut dapat meningkatkan pelayanan yang cepat.  Dengannya, pengunjung toko merasa betah karena tak perlu mengantre.
  10. Menambah cabang toko
    Bukalah cabang toko Anda di tempat lain. Selain membuat brand toko Anda makin dikenal, terdapat pemasukan baru dari cabang toko baru yang dibuka. Dengannya penjualan pun akan meningkat.
  11. Jual lebih banyak produk
    Ada beberapa cara untuk meningkatkan pendapatan melalui keberagaman barang yang dijual. Semakin banyak ragam produk yang dijual, semakin banyak pula Anda memberikan pilihan kepada pelanggan. Dengannya, mereka pun makin banyak membeli produk toko Anda. Selain itu, buat pula paket produk dengan harga miring yang sekiranya dapat menarik minat pembeli. Paket ini bisa dibuat saat hari besar ataupun hari perayaan tertentu.
  12. Beri diskon
    Diskon selalu menjadi cara jitu untuk menarik minat konsumen. Para pelanggan akan senang dengan toko Anda jika selalu ada diskon secara berkala.
Dua belas cara tersebut cukup mudah dilakukan dan dapat meningkatkan pendapatan toko Anda dengan sangat efektif. Terapkan beberapa cara dan lihatlah kemajuan yang Anda dapatkan.

Comments

Popular posts from this blog

Meningkatkan Efisiensi Dengan Rak, Shelving, Dan Storage Vertikal

Berfokus pada nilai efisiensi dalam memaksimalkan ruang yang tersedia, dan menjaga pekerja tetap aman saat aktifitas mereka, maka perusahaan dan pelaku usaha ritel dan grosir mengintegrasikan lebih banyak rak susun, rak gondola shelving, dan rak gudang ke dalam inventaris usaha mereka. Untuk memanfaatkan gudang dan ruang DC (Distribution Center) yang ada dengan lebih baik, serta mempercepat proses flow barang, pelayanan dalam meningkatkan efisiensi, serta menjaga agar pekerja tetap aman, dan menertipkan SKU yang digunakan, perusahaan ritel menggunakan Rak, Shelving, dan Storage Vertikal untuk membantu mereka. Beberapa inovasi baru muncul, membantu pengusaha mendapatkan efisiensi dan mengoperasikan gudang yang lebih cerdas, lebih cepat dan lebih baik. Moving up, not out Sistem yang direkayasa yang menggabungkan struktur multi level adalah sistem yang banyak digunakan saat ini untuk Solusi Penyimpanan. Seiring perusahaan memasukkan struktur penyimpanan multi-level ini ke dalam g

Contoh sistem FIFO, LIFO, AVCO, dan FEFO dalam flow barang dagangan

Mengatur keluar masuknya barang di toko kelontong adalah hal yang harus diperhatikan dan juga perlu dilakukan pencatatan dengan jelas seperti kita bahas pada artikel sebelumnya . Mengapa pencatatan ini penting, agar kita dapat mengetahui persediaan barang di rak gudang beserta harga yang berlaku. Dalam mengatur stok barang dagangan, kita mengenal beberapa sistem diantaranya FIFO, LIFO, FEFO, dan AVCO. Masing-masing sistem manajemen barang tersebut dapat diterapkan dengan model pencatatan Perpetual ataupun Periodik. Sebelum kita bahas bagaimana contoh sistem flow barang dagangan, akan sedikit kami jabarkan tentang sistem pencatatannya dalam akuntansi sederhana. Sistem pencatatan persediaan Perpetual mencatat persediaan barang dagangan dan harga pokok penjualan yang diperbarui terus-menerus pada setiap transaksi jual beli. Dalam sistem persediaan Periodik, persediaan barang dagangan dan harga pokok penjualan tidak diperbarui terus menerus. Sebaliknya pembelian dicatat pada ak

Menentukan Harga Jual Murah di Toko Kelontong/Minimarket

Menentukan harga jual merupakan salah satu kunci sukses  bisnis toko kelontong/minimarket . Perlu anda ketahui salah satu kunci sukses menjual adalah harga yang murah. Lalu Bagaimana dong saya menentukan harga jual agar tidak kemahalan? Apabila anda pemula mungkin belum mempunyai gambaran, “Berapa ya harga ecerannya?” Kalau anda bertanya kepada pebisnis toko kelontong / minimarket yang sudah sukses kemungkinan besar tidak akan diberi tahu sebab ibarat seorang Chef yang selalu merahasiakan resep andalannya. Bagi pemula, hal pertama yang perlu anda tanamkan adalah image TOKO MURAH dari pembeli untuk toko kelontong / minimarket anda. Karena apabila image murah sudah melekat di toko anda akan lebih mudah mengembangkan toko . Namun apabila dari awal toko anda sudah dicap mahal akan lebih sulit mengubah image tersebut dan akibatnya jelas toko anda akan sulit untuk berkembang. Bagaimana strategi menentukan harga jual murah untuk toko kelontong / minimarket anda, diantarany

Cara Membuat dan Menggunakan Planogram Toko Kelontong Modern

Menata barang dagangan di toko dirasa penting dalam mempertahankan sebuah toko yang menguntungkan. Display dan penataan yang baik akan memudahkan anda dalam mengelola flow barang. Selain itu display yang rapi dan terprogram akan tampak lebih menarik bagi pelanggan. Seiring meningkatnya persaingan, para distributor dan pengusaha ritel menjadi lebih sadar akan pentingnya merchandising produk dengan benar. Kesadaran itu mengarah pada tampilan penjualan, perencanaan, dan alat pemasaran lainnya yang lebih baik. Untuk mewujudkan penataan yang baik dalam sebuah toko, kita butuh sebuah planogram. Apa itu planogram? Planogram adalah diagram visual, denah, sketsa, atau gambar, yang memberikan detail jumlah dan dimana setiap produk ditempakan di rak minimarket dalam sebuah toko untuk memaksimalkan penjualan. Planogram merupakan bagian dari rencana  visual merchandising. Skema ini tidak hanya menampilkan lokasi sebuah barang dikelompokkan di dalam tata letak toko tetapi juga menunjukkan l

Memperindah dan Menghemat Ruang Minimarket

Ruang penjualan toko kelontong/minimarket yang sempit merupakan tantangan tersendiri bagi calon pengusaha ritel modern. Sempitnya ruang ditambah dengan banyaknya jumlah dan varian barang yang akan dijual biasanya akan membuat suasana toko/minimarket tradisional menjadi penuh sesak dan terkesan berantakan, apadahal sudah sedemikina rupa disusun dan dirapikan. Apa yang salah dari toko tradisional tersebut? Mereka mengesampingkan hadirnya rak gondola minimarket dan rak gudang yang mereka anggap sebagai perlengkapan toko yang membutuhkan banyak alokasi modal, sehingga tak jarang mereka lebih memilih menggunakan rak seadanya. Kekeliruan pertimbangan awal ini ternyata sangat berpengaruh besar terhadap kelangsungan usaha mereka. Rak minimarket dengan berbagai macam variannya perlu dihadirkan sebagai rak display yang terorganisir dengan baik, sehingga akan mempercantik toko anda dan akan banyak menghemat ruang. Barang dagangan yang tertata rapi secara vertikal pada arak shel