Skip to main content

Potensi Tersembunyi Berbagai Platform Medsos untuk Promosi Toko


Media sosial kita anggap sebagai himpunan konsumen yang tak terbatas. Setiap platform baik itu facebook, twitter, instagram, dll menyimpan potensinya masing-masing. Platform manakah yang sesuai dengan karakter usaha dan konsumen kita, akan kita analisis dan selanjutnya kita dapat menyusun strategi promosi dan pemasaran yang tepat sasaran.Data menyebutkan bahwa tidak sedikit pengusaha toko kelontong yang gulung tikar karena kalah bersaing dengan toko online. Pada era digital saat ini, untuk tetap survive menjalankan bisnis toko offline diperlukan integrasi promosi menggunakan media sosial maupun jaringan internet.
 Seberapa besar kontribusi media sosial pada keberlangsungan usaha?
Platform media sosial yang mana yang akan kita gunakan?
Apakah anda siap bertahan? Mari kita bahas bagaimana media sosial membantu kemajuan usaha toko yang kita jalankan.

Manfaat medsos

  • Mencari tahu informasi tentang pelanggan
  • Membantu segmentasi target pasar lebih efektif
  • Menemukan konsumen baru dan memperluas pasar
  • Memudahkan konsumen memberikan feedback terhadap toko kita
  • Membantu “mengintip” apa yang dilakukan kompetitor dan membuat strategi pemasaran selangkah lebih maju darinya
  • Membantu meningkatkan backlink pengunjung website dengan cepat dapat dilakukan “share” pada konten yang menarik
  • Membagikan informasi dengan sangat cepat kepada publik
  • Memudahkan calon konsumen untuk melihat produk atau reputasi brand kita
  • Meningkatkan loyalitas dan menjadi lebih dekat dengan konsumen
  • Memperkenalkan brand dengan biaya murah

 

Kenali karakter produk dari usaha kita

Setiap usaha produk dalam toko punya karakter pemasaran yang berbeda-beda, misalnya toko pakaian akan mudah dipasarkan dengan gambar; petshop mudah dipasarkan dengan video; toko kelontong mudah dipasarkan dengan text update promo, dsb.. Jadi kita arus mengenali dulu karakter produk yang kita jual.

Kenali segmentasi pasar

Selanjutnya..

Kenali segmentasi pasar

Selain produk, dari sisi lain kita perlu mengetahui dulu pasar kita (gender, usia, lingkup pekerjaan, lokasi, tingkat ekonomi, dll). Informasi ini menjadi dasar segmentasi pasar yang akan kita sasar dalam melakukan promosi.

Kenali potensi tiap-tiap platform media sosial

Masing-masing platform media sosial mempunyai karakteristik dan target pengguna berbeda-beda, sehingga strategi pemasarannya pun akan memerlukan teknik yang berbeda-beda. Jadi, kembangkan strategi yang sesuai dengan  platform yang Anda pilih


  • Facebook
    • Sosial media seperti Facebook memiliki perangkat pendukung Geo_targetting untuk mendukung segmentasi iklan agar lebih efektif
    • Kekuatan utama pada facebook adalah pada jumlah penggunanya yang mencapai 115 juta pengguna aktif di Indonesia serta kemampuannya yang dapat menampilkan berbagai konten dan dengan mudah memasukkan link.
    • Untuk membangun Kesadaran Merek & berbagi konten yang berharga
    • Iklan dapat dipilah dalam gender/usia/lokasi
    • Fanpage pada Facebook misalnya, konsumen bisa langsung memberikan saran/kritik/pertanyaan pada kolom komentar atau mengirim pesan mengenai produk/layanan kita
    • Sasaran pasar pada kalangan menengah kebawah
  • Youtube
    • Selain sebagai mesin pencari terbesar kedua, YouTube dimiliki oleh Google. Jadi ketika harus melakukan optimasi mesin pencari, video lebih cenderung muncul di hasil pencarian daripada situs-situs lain. Dengan akuisisi YouTube oleh Google, kami menggunakan Google Hangouts untuk melakukan wawancara dengan penulis dan pemimpin industri kami. Kemudian wawancara kami diposkan secara otomatis ke YouTube di bawah akun kami untuk menambahkan visibilitas.
    • Youtube memungkinkan promosi dalam bentuk video dengan durasi tak terbatas
  • Instagram
    • Indonesia adalah negara pengguna Instagram kedua terbesar di Asia (nomor 4 di dunia), 89% pengguna Instagram di Indonesia berumur 18 – 34 tahun, dan 63% nya perempuan
    • Kekuatan utama instagram pada visualisasi brand, dengan mudah menampilkan gambar/foto sebuah produk, sekaligus melakukan sharing pada platform lain seperti facebook, dll.
    • promosi melalui instagram, postingan foto Anda bisa dilengkapi dengan fitur location atau #hashtag
    • menemukan calon konsumen yang selokasi dengan toko kita dengan fitur lokasi
    • 53% akun Instagram milik usaha di Indonesia adalah akun dari perusahaan yang bergerak di industri fashion. 11% dari industri farmasi, kesehatan dan kecantikan. 7% dari industri makanan
    • Dua cara paling sering dipakai untuk mempromosikan akun mereka adalah:
      • Penggunaan tagar (hashtag)
      • Bekerja sama dengan influencer untuk mendapatkan endorsement mereka
  • Twitter
Selanjutnya..

  • Twitter
    • Sosial media seperti Twitter memiliki perangkat pendukung Geo_targetting untuk mendukung segmentasi iklan agar lebih efektif
    • Nilai Twitter terletak pada kemampuannya untuk posting Anda terkena virus: semakin banyak orang berbagi posting Anda dan "retweet" konten Anda, semakin banyak pengikut yang akan Anda capai. Kami memposting berita terbaru, update dan artikel yang kami miliki di media utama. Hashtag membuat perbedaan besar dalam membangun momentum untuk posting Anda, jadi perhatikan apa yang sedang tren hari ini dan sertakan hashtag yang relevan. Kami juga retweet orang yang memiliki banyak pengikut untuk meningkatkan kemungkinan mereka mengikuti kami kembali.
    • Untuk berbagi berita terbaru, penggoda, komunikasi singkat
  • Pinterest
    • Pinterest merupakan platform media sosial terbaru yang dapat dicoba sebagai strategi pemasaran bisnis online terbaik Anda. Pinterest akan memungkinkan usaha kecil untuk menampilkan penawaran produk mereka sendiri dengan beberapa pinboards yang unik
  • Google+
    • Google+ adalah pesaing baru bagi platform media sosial yang ada. Dengan menggunakan Google+ untuk media sosial, Anda dapat meng-upload, berbagi foto, video, link. Anda juga dapat memanfaatkan menu Google+ Circles untuk membagi followers Anda ke dalam kelompok-kelompok kecil. Sehingga, memungkinkan Anda untuk berbagi informasi dengan beberapa followers yang sudah Anda pilih. Anda juga dapat mencoba hosting konferensi video dengan Hangouts dan mencoba fitur Experiment dengan cara-cara yang kreatif.
  • Linked In
    • Merupakan platform yang memberikan detail tentang identitas usaha maupun pemilik usaha
    • Untuk Pencarian Bisnis / Pencarian Pekerjaan
  • Whatsapp Group
    • Menjadi jaringan komunikasi utama saat ini WA merupakan salah satu platform yang wajib digunakan untuk menghimpun data base pelanggan, selanjutnya kita bisa memanfaatkan data base pelanggan tersebut sebagai sarana promosi. Manfaat Whatsapp untuk bisnis ini bisa anda manfaatkan namun anda juga harus bisa menjaga privasi pelanggan anda.
    • Menggunakan Whatsapp sebagai ruang komunikasi tim menjadi manfaat Whatsapp untuk bisnis yang pertama.
    • Hal yang membuat Whatsapp berbeda adalah karena Whatsapp menggunakan nomor handphone sehingga meminimalkan terjadinya penipuan atau chat dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Salah satu nilai plusnya, anda bisa memindahkan layar obrolan ke layar komputer atau laptop agar lebih besar tampilannya .
    • Whatsapp juga bisa sebagai ruang komunikasi untuk pemesanan maupun konsultasi dengan anda seputar produk atau lainnya.
Memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran memang langkah jitu untuk mendongkrak penjualan. Namun, hal tersebut akan sia-sia jika akun media sosial Anda tidak memiliki banyak Followers. Untuk itu, bagaimanapun caranya dan apapun platform media sosial yang Anda pilih,  Anda harus berusaha mendapatkan banyak followers terlebih dahulu

Apapun platform yang anda gunakan, selalu lakukan analisis untuk mengetahui seberapa besar nilai efektifitasnya.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh sistem FIFO, LIFO, AVCO, dan FEFO dalam flow barang dagangan

Mengatur keluar masuknya barang di toko kelontong adalah hal yang harus diperhatikan dan juga perlu dilakukan pencatatan dengan jelas seperti kita bahas pada artikel sebelumnya . Mengapa pencatatan ini penting, agar kita dapat mengetahui persediaan barang di rak gudang beserta harga yang berlaku. Dalam mengatur stok barang dagangan, kita mengenal beberapa sistem diantaranya FIFO, LIFO, FEFO, dan AVCO. Masing-masing sistem manajemen barang tersebut dapat diterapkan dengan model pencatatan Perpetual ataupun Periodik. Sebelum kita bahas bagaimana contoh sistem flow barang dagangan, akan sedikit kami jabarkan tentang sistem pencatatannya dalam akuntansi sederhana. Sistem pencatatan persediaan Perpetual mencatat persediaan barang dagangan dan harga pokok penjualan yang diperbarui terus-menerus pada setiap transaksi jual beli. Dalam sistem persediaan Periodik, persediaan barang dagangan dan harga pokok penjualan tidak diperbarui terus menerus. Sebaliknya pembelian dicatat pada ak

Meningkatkan Efisiensi Dengan Rak, Shelving, Dan Storage Vertikal

Berfokus pada nilai efisiensi dalam memaksimalkan ruang yang tersedia, dan menjaga pekerja tetap aman saat aktifitas mereka, maka perusahaan dan pelaku usaha ritel dan grosir mengintegrasikan lebih banyak rak susun, rak gondola shelving, dan rak gudang ke dalam inventaris usaha mereka. Untuk memanfaatkan gudang dan ruang DC (Distribution Center) yang ada dengan lebih baik, serta mempercepat proses flow barang, pelayanan dalam meningkatkan efisiensi, serta menjaga agar pekerja tetap aman, dan menertipkan SKU yang digunakan, perusahaan ritel menggunakan Rak, Shelving, dan Storage Vertikal untuk membantu mereka. Beberapa inovasi baru muncul, membantu pengusaha mendapatkan efisiensi dan mengoperasikan gudang yang lebih cerdas, lebih cepat dan lebih baik. Moving up, not out Sistem yang direkayasa yang menggabungkan struktur multi level adalah sistem yang banyak digunakan saat ini untuk Solusi Penyimpanan. Seiring perusahaan memasukkan struktur penyimpanan multi-level ini ke dalam g

Menentukan Harga Jual Murah di Toko Kelontong/Minimarket

Menentukan harga jual merupakan salah satu kunci sukses  bisnis toko kelontong/minimarket . Perlu anda ketahui salah satu kunci sukses menjual adalah harga yang murah. Lalu Bagaimana dong saya menentukan harga jual agar tidak kemahalan? Apabila anda pemula mungkin belum mempunyai gambaran, “Berapa ya harga ecerannya?” Kalau anda bertanya kepada pebisnis toko kelontong / minimarket yang sudah sukses kemungkinan besar tidak akan diberi tahu sebab ibarat seorang Chef yang selalu merahasiakan resep andalannya. Bagi pemula, hal pertama yang perlu anda tanamkan adalah image TOKO MURAH dari pembeli untuk toko kelontong / minimarket anda. Karena apabila image murah sudah melekat di toko anda akan lebih mudah mengembangkan toko . Namun apabila dari awal toko anda sudah dicap mahal akan lebih sulit mengubah image tersebut dan akibatnya jelas toko anda akan sulit untuk berkembang. Bagaimana strategi menentukan harga jual murah untuk toko kelontong / minimarket anda, diantarany

Cara Membuat dan Menggunakan Planogram Toko Kelontong Modern

Menata barang dagangan di toko dirasa penting dalam mempertahankan sebuah toko yang menguntungkan. Display dan penataan yang baik akan memudahkan anda dalam mengelola flow barang. Selain itu display yang rapi dan terprogram akan tampak lebih menarik bagi pelanggan. Seiring meningkatnya persaingan, para distributor dan pengusaha ritel menjadi lebih sadar akan pentingnya merchandising produk dengan benar. Kesadaran itu mengarah pada tampilan penjualan, perencanaan, dan alat pemasaran lainnya yang lebih baik. Untuk mewujudkan penataan yang baik dalam sebuah toko, kita butuh sebuah planogram. Apa itu planogram? Planogram adalah diagram visual, denah, sketsa, atau gambar, yang memberikan detail jumlah dan dimana setiap produk ditempakan di rak minimarket dalam sebuah toko untuk memaksimalkan penjualan. Planogram merupakan bagian dari rencana  visual merchandising. Skema ini tidak hanya menampilkan lokasi sebuah barang dikelompokkan di dalam tata letak toko tetapi juga menunjukkan l

Memperindah dan Menghemat Ruang Minimarket

Ruang penjualan toko kelontong/minimarket yang sempit merupakan tantangan tersendiri bagi calon pengusaha ritel modern. Sempitnya ruang ditambah dengan banyaknya jumlah dan varian barang yang akan dijual biasanya akan membuat suasana toko/minimarket tradisional menjadi penuh sesak dan terkesan berantakan, apadahal sudah sedemikina rupa disusun dan dirapikan. Apa yang salah dari toko tradisional tersebut? Mereka mengesampingkan hadirnya rak gondola minimarket dan rak gudang yang mereka anggap sebagai perlengkapan toko yang membutuhkan banyak alokasi modal, sehingga tak jarang mereka lebih memilih menggunakan rak seadanya. Kekeliruan pertimbangan awal ini ternyata sangat berpengaruh besar terhadap kelangsungan usaha mereka. Rak minimarket dengan berbagai macam variannya perlu dihadirkan sebagai rak display yang terorganisir dengan baik, sehingga akan mempercantik toko anda dan akan banyak menghemat ruang. Barang dagangan yang tertata rapi secara vertikal pada arak shel