Media sosial kita anggap sebagai himpunan konsumen yang tak terbatas. Setiap platform baik itu facebook, twitter, instagram, dll menyimpan potensinya masing-masing. Platform manakah yang sesuai dengan karakter usaha dan konsumen kita, akan kita analisis dan selanjutnya kita dapat menyusun strategi promosi dan pemasaran yang tepat sasaran.Data menyebutkan bahwa tidak sedikit pengusaha toko kelontong yang gulung tikar karena kalah bersaing dengan toko online. Pada era digital saat ini, untuk tetap survive menjalankan bisnis toko offline diperlukan integrasi promosi menggunakan media sosial maupun jaringan internet.
Seberapa besar kontribusi media sosial pada keberlangsungan usaha?
Platform media sosial yang mana yang akan kita gunakan?
Apakah anda siap bertahan? Mari kita bahas bagaimana media sosial membantu kemajuan usaha toko yang kita jalankan.Manfaat medsos
- Mencari tahu informasi tentang pelanggan
- Membantu segmentasi target pasar lebih efektif
- Menemukan konsumen baru dan memperluas pasar
- Memudahkan konsumen memberikan feedback terhadap toko kita
- Membantu “mengintip” apa yang dilakukan kompetitor dan membuat strategi pemasaran selangkah lebih maju darinya
- Membantu meningkatkan backlink pengunjung website dengan cepat dapat dilakukan “share” pada konten yang menarik
- Membagikan informasi dengan sangat cepat kepada publik
- Memudahkan calon konsumen untuk melihat produk atau reputasi brand kita
- Meningkatkan loyalitas dan menjadi lebih dekat dengan konsumen
- Memperkenalkan brand dengan biaya murah
Kenali karakter produk dari usaha kita
Setiap usaha produk dalam toko punya karakter pemasaran yang berbeda-beda, misalnya toko pakaian akan mudah dipasarkan dengan gambar; petshop mudah dipasarkan dengan video; toko kelontong mudah dipasarkan dengan text update promo, dsb.. Jadi kita arus mengenali dulu karakter produk yang kita jual.Kenali segmentasi pasar
Selanjutnya..Kenali segmentasi pasar
Selain produk, dari sisi lain kita perlu mengetahui dulu pasar kita (gender, usia, lingkup pekerjaan, lokasi, tingkat ekonomi, dll). Informasi ini menjadi dasar segmentasi pasar yang akan kita sasar dalam melakukan promosi.Kenali potensi tiap-tiap platform media sosial
Masing-masing platform media sosial mempunyai karakteristik dan target pengguna berbeda-beda, sehingga strategi pemasarannya pun akan memerlukan teknik yang berbeda-beda. Jadi, kembangkan strategi yang sesuai dengan platform yang Anda pilih- Facebook
- Sosial media seperti Facebook memiliki perangkat pendukung Geo_targetting untuk mendukung segmentasi iklan agar lebih efektif
- Kekuatan utama pada facebook adalah pada jumlah penggunanya yang mencapai 115 juta pengguna aktif di Indonesia serta kemampuannya yang dapat menampilkan berbagai konten dan dengan mudah memasukkan link.
- Untuk membangun Kesadaran Merek & berbagi konten yang berharga
- Iklan dapat dipilah dalam gender/usia/lokasi
- Fanpage pada Facebook misalnya, konsumen bisa langsung memberikan saran/kritik/pertanyaan pada kolom komentar atau mengirim pesan mengenai produk/layanan kita
- Sasaran pasar pada kalangan menengah kebawah
- Youtube
- Selain sebagai mesin pencari terbesar kedua, YouTube dimiliki oleh Google. Jadi ketika harus melakukan optimasi mesin pencari, video lebih cenderung muncul di hasil pencarian daripada situs-situs lain. Dengan akuisisi YouTube oleh Google, kami menggunakan Google Hangouts untuk melakukan wawancara dengan penulis dan pemimpin industri kami. Kemudian wawancara kami diposkan secara otomatis ke YouTube di bawah akun kami untuk menambahkan visibilitas.
- Youtube memungkinkan promosi dalam bentuk video dengan durasi tak terbatas
- Instagram
- Indonesia adalah negara pengguna Instagram kedua terbesar di Asia (nomor 4 di dunia), 89% pengguna Instagram di Indonesia berumur 18 – 34 tahun, dan 63% nya perempuan
- Kekuatan utama instagram pada visualisasi brand, dengan mudah menampilkan gambar/foto sebuah produk, sekaligus melakukan sharing pada platform lain seperti facebook, dll.
- promosi melalui instagram, postingan foto Anda bisa dilengkapi dengan fitur location atau #hashtag
- menemukan calon konsumen yang selokasi dengan toko kita dengan fitur lokasi
- 53% akun Instagram milik usaha di Indonesia adalah akun dari perusahaan yang bergerak di industri fashion. 11% dari industri farmasi, kesehatan dan kecantikan. 7% dari industri makanan
- Dua cara paling sering dipakai untuk mempromosikan akun mereka adalah:
- Penggunaan tagar (hashtag)
- Bekerja sama dengan influencer untuk mendapatkan endorsement mereka
- Twitter
- Sosial media seperti Twitter memiliki perangkat pendukung Geo_targetting untuk mendukung segmentasi iklan agar lebih efektif
- Nilai Twitter terletak pada kemampuannya untuk posting Anda terkena virus: semakin banyak orang berbagi posting Anda dan "retweet" konten Anda, semakin banyak pengikut yang akan Anda capai. Kami memposting berita terbaru, update dan artikel yang kami miliki di media utama. Hashtag membuat perbedaan besar dalam membangun momentum untuk posting Anda, jadi perhatikan apa yang sedang tren hari ini dan sertakan hashtag yang relevan. Kami juga retweet orang yang memiliki banyak pengikut untuk meningkatkan kemungkinan mereka mengikuti kami kembali.
- Untuk berbagi berita terbaru, penggoda, komunikasi singkat
- Pinterest
- Pinterest merupakan platform media sosial terbaru yang dapat dicoba sebagai strategi pemasaran bisnis online terbaik Anda. Pinterest akan memungkinkan usaha kecil untuk menampilkan penawaran produk mereka sendiri dengan beberapa pinboards yang unik
- Google+
- Google+ adalah pesaing baru bagi platform media sosial yang ada. Dengan menggunakan Google+ untuk media sosial, Anda dapat meng-upload, berbagi foto, video, link. Anda juga dapat memanfaatkan menu Google+ Circles untuk membagi followers Anda ke dalam kelompok-kelompok kecil. Sehingga, memungkinkan Anda untuk berbagi informasi dengan beberapa followers yang sudah Anda pilih. Anda juga dapat mencoba hosting konferensi video dengan Hangouts dan mencoba fitur Experiment dengan cara-cara yang kreatif.
- Linked In
- Merupakan platform yang memberikan detail tentang identitas usaha maupun pemilik usaha
- Untuk Pencarian Bisnis / Pencarian Pekerjaan
- Whatsapp Group
- Menjadi jaringan komunikasi utama saat ini WA merupakan salah satu platform yang wajib digunakan untuk menghimpun data base pelanggan, selanjutnya kita bisa memanfaatkan data base pelanggan tersebut sebagai sarana promosi. Manfaat Whatsapp untuk bisnis ini bisa anda manfaatkan namun anda juga harus bisa menjaga privasi pelanggan anda.
- Menggunakan Whatsapp sebagai ruang komunikasi tim menjadi manfaat Whatsapp untuk bisnis yang pertama.
- Hal yang membuat Whatsapp berbeda adalah karena Whatsapp menggunakan nomor handphone sehingga meminimalkan terjadinya penipuan atau chat dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Salah satu nilai plusnya, anda bisa memindahkan layar obrolan ke layar komputer atau laptop agar lebih besar tampilannya .
- Whatsapp juga bisa sebagai ruang komunikasi untuk pemesanan maupun konsultasi dengan anda seputar produk atau lainnya.
Apapun platform yang anda gunakan, selalu lakukan analisis untuk mengetahui seberapa besar nilai efektifitasnya.
Comments
Post a Comment