Skip to main content

Mengapa toko minimarket perlu rak gudang


Toko retail (eceran) ataupun minimarket selayaknya memiliki rak gudang untuk penyimpanan barang persediaan. Penyimpanan barang dagangan yang ditempatkan sekaligus di dalam ruangan toko tidak mampu menampung sebanyak penyimpanan barang di gudang, penyimpanan barang di toko hanya untuk sejumlah persediaan yang diperkirakan cukup untuk melayani kebutuhan konsumen atau pelanggan yang datang ke toko tersebut.

Gudang toko, yaitu gudang yang tempatnya menyatu atau berada di kawasan toko. Gudang toko membutuhkan pengelolaan selayaknya manajemen dalam pergudangan, seperti aturan peletakan barang, klasifikasi barang, pencatatan, dan pengawasan mutu. Namun gudang toko memiliki skala yang jauh lebih kecil. Gudang toko tidak hanya berfungsi sebagai penyimpanan stok saja, tetapi juga berfungsi sebagai memelihara barang-barang yang disimpan di dalamnya. Selain itu gudang toko dapat pula digunakan sebagai tempat mengolah, menyortir, membungkus, dan mengepak barang-barang yang akan dijual eceran ataupun dikirim.

Rak gudang adalah disebut rak warehouse adalah rak susun yang memiliki spesifikasi khusus yang mampu menahan beban tertentu dan juga memiliki desain yang khas untuk memudahkan pengelolaan. Rak gudang untuk toko atau minimarket bisanya cukup menggunakan rak Medium Duty & Light Duty, atau secara mudah orang awam menyebutnya sebagai rak susun serbaguna. rak Medium Duty & Light Duty merupakan rak gondola yang mampu menahan beban berat dengan kekuatan hingga 300kg tiap tingkatannya. Rak gondola untuk gudang / ware house  terbuat dari bahan metal (besi, baja, atau aluminium). Rak dari metal akan lebih baik karena selain kokoh dan tahan lama, juga biasanya dibuat dalam bentuk knock down sehingga mudah dibongkar-pasang ataupun disesuaikan ketinggian dan lebar barang.

Keuntungan memiliki rak gudang

  • Kebutuhan Display. Pada beberapa toko seperti toko grosir, toko sembako, bengkel, toko elektronik, toko sparepart, toko cat, toko bangunan, dan lain sebagainya membutuhkan rak gudang light duty selain untuk menyimpan stok, mereka juga menggunakan rak gudang untuk memajang barang dagangan.
  • Menyimpan stok. Untuk memenuhi kebutuhan pembelian yang fluktuatif, dibutuhkan stok barang terutama barang-barang dagangan fast moving atau barang yang cepat laku.
  • Fungsi 3in1, yaitu menyatukan toko sebagai tempat display, toko sebagai gudang, dan toko sebagai tempat pelayanan pelanggan. Hal ini sering kita lihat pada toko-toko grosir skala besar seperti Lottemart Wholesale
  • Rapi. Memata barang stok ke dalam rak gudang akan membuat toko anda menjadi lebih rapi dan terstruktur dengan baik.
  • Barang terorganisir dengan baik. Selain itu peletakan dan penyusunan yang baik juga akan memudahkan anda untuk mengorganisir stok yang ada.
  • Mudah menerapkan sistem FIFO / LIFO. Pengawasan mutu barang dagangan akan lebih mudah dengan menata barang stok ke dalam rak gudang. Barang dengan sistem FIFO maupun LIFO akan semakin mudah untuk dikontrol. Sehingga tidak ada lagi barang yang “lupa” atau barang yang sudah “terlambat” dijual pada moment-moment tertentu.
  • Menunjukkan profesionalitas dari usaha. Menjadi sebuah toko yang profesional merupakan salah satu ciri dari sebuah toko modern. Konsumen pada saat ini sudah lebih bijak untuk memilih berbelanja pada toko / minimarket dengan pelayanan yang profesional. Mereka menjadi lebih yakin terhadap kualitas barang yang mereka beli.

Spesifikasi rak gudang untuk toko


  • Mampu manahan beban
Jenis bahan yang ideal untuk toko /minimarket adalah besi dengan ketebalan plat antara 0,5mm – 0,6mm. Dengan ketebalan ini rak gondola mampu menahan berat barang sebesar 30kg - 65kg.
  • Kokoh
Rak toko yang kokoh akan bertahan lebih lama, tidak mudah keropos atau goyang sehingga memangkas biaya pemeliharaan hingga puluhan tahun. Atau bahkan masih bernilai tinggi jika nanti anda akan menjualnya kembali. Jadi, pastikan rak gudang toko Anda dari Sentra Rak yang memiliki kualitas yang baik dan telah dipercaya oleh perusahaan ritel besar di Indonesia.
  • Ukurannya tidak besar
Ukuran standar rak gudang light duty untuk toko adalah Tinggi 2400mm Lebar 400mm Panjang 900mm. Ukuran yang tidak terlalu besar ini tentu dapat mudah anda tempatkan pada toko anda yang tidak terlalu luas. Ukuran rak gudang dapat dipesan atau disesuaikan dengan kebutuhan pada Sentra Rak yang merupakan anak perusahaan dari PT Marmon Indonesia yang telah berpengalaman menangani rak gondola dan rak gudang untuk perusahaan ritel terkemuka di Indonesia.

Comments

  1. Untuk memudahkan penataan barang pada rak dapat menggunakan software minimarket agar lebih efisien

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh sistem FIFO, LIFO, AVCO, dan FEFO dalam flow barang dagangan

Mengatur keluar masuknya barang di toko kelontong adalah hal yang harus diperhatikan dan juga perlu dilakukan pencatatan dengan jelas seperti kita bahas pada artikel sebelumnya . Mengapa pencatatan ini penting, agar kita dapat mengetahui persediaan barang di rak gudang beserta harga yang berlaku. Dalam mengatur stok barang dagangan, kita mengenal beberapa sistem diantaranya FIFO, LIFO, FEFO, dan AVCO. Masing-masing sistem manajemen barang tersebut dapat diterapkan dengan model pencatatan Perpetual ataupun Periodik. Sebelum kita bahas bagaimana contoh sistem flow barang dagangan, akan sedikit kami jabarkan tentang sistem pencatatannya dalam akuntansi sederhana. Sistem pencatatan persediaan Perpetual mencatat persediaan barang dagangan dan harga pokok penjualan yang diperbarui terus-menerus pada setiap transaksi jual beli. Dalam sistem persediaan Periodik, persediaan barang dagangan dan harga pokok penjualan tidak diperbarui terus menerus. Sebaliknya pembelian dicatat pada ak

Meningkatkan Efisiensi Dengan Rak, Shelving, Dan Storage Vertikal

Berfokus pada nilai efisiensi dalam memaksimalkan ruang yang tersedia, dan menjaga pekerja tetap aman saat aktifitas mereka, maka perusahaan dan pelaku usaha ritel dan grosir mengintegrasikan lebih banyak rak susun, rak gondola shelving, dan rak gudang ke dalam inventaris usaha mereka. Untuk memanfaatkan gudang dan ruang DC (Distribution Center) yang ada dengan lebih baik, serta mempercepat proses flow barang, pelayanan dalam meningkatkan efisiensi, serta menjaga agar pekerja tetap aman, dan menertipkan SKU yang digunakan, perusahaan ritel menggunakan Rak, Shelving, dan Storage Vertikal untuk membantu mereka. Beberapa inovasi baru muncul, membantu pengusaha mendapatkan efisiensi dan mengoperasikan gudang yang lebih cerdas, lebih cepat dan lebih baik. Moving up, not out Sistem yang direkayasa yang menggabungkan struktur multi level adalah sistem yang banyak digunakan saat ini untuk Solusi Penyimpanan. Seiring perusahaan memasukkan struktur penyimpanan multi-level ini ke dalam g

Menentukan Harga Jual Murah di Toko Kelontong/Minimarket

Menentukan harga jual merupakan salah satu kunci sukses  bisnis toko kelontong/minimarket . Perlu anda ketahui salah satu kunci sukses menjual adalah harga yang murah. Lalu Bagaimana dong saya menentukan harga jual agar tidak kemahalan? Apabila anda pemula mungkin belum mempunyai gambaran, “Berapa ya harga ecerannya?” Kalau anda bertanya kepada pebisnis toko kelontong / minimarket yang sudah sukses kemungkinan besar tidak akan diberi tahu sebab ibarat seorang Chef yang selalu merahasiakan resep andalannya. Bagi pemula, hal pertama yang perlu anda tanamkan adalah image TOKO MURAH dari pembeli untuk toko kelontong / minimarket anda. Karena apabila image murah sudah melekat di toko anda akan lebih mudah mengembangkan toko . Namun apabila dari awal toko anda sudah dicap mahal akan lebih sulit mengubah image tersebut dan akibatnya jelas toko anda akan sulit untuk berkembang. Bagaimana strategi menentukan harga jual murah untuk toko kelontong / minimarket anda, diantarany

Cara Membuat dan Menggunakan Planogram Toko Kelontong Modern

Menata barang dagangan di toko dirasa penting dalam mempertahankan sebuah toko yang menguntungkan. Display dan penataan yang baik akan memudahkan anda dalam mengelola flow barang. Selain itu display yang rapi dan terprogram akan tampak lebih menarik bagi pelanggan. Seiring meningkatnya persaingan, para distributor dan pengusaha ritel menjadi lebih sadar akan pentingnya merchandising produk dengan benar. Kesadaran itu mengarah pada tampilan penjualan, perencanaan, dan alat pemasaran lainnya yang lebih baik. Untuk mewujudkan penataan yang baik dalam sebuah toko, kita butuh sebuah planogram. Apa itu planogram? Planogram adalah diagram visual, denah, sketsa, atau gambar, yang memberikan detail jumlah dan dimana setiap produk ditempakan di rak minimarket dalam sebuah toko untuk memaksimalkan penjualan. Planogram merupakan bagian dari rencana  visual merchandising. Skema ini tidak hanya menampilkan lokasi sebuah barang dikelompokkan di dalam tata letak toko tetapi juga menunjukkan l

Memperindah dan Menghemat Ruang Minimarket

Ruang penjualan toko kelontong/minimarket yang sempit merupakan tantangan tersendiri bagi calon pengusaha ritel modern. Sempitnya ruang ditambah dengan banyaknya jumlah dan varian barang yang akan dijual biasanya akan membuat suasana toko/minimarket tradisional menjadi penuh sesak dan terkesan berantakan, apadahal sudah sedemikina rupa disusun dan dirapikan. Apa yang salah dari toko tradisional tersebut? Mereka mengesampingkan hadirnya rak gondola minimarket dan rak gudang yang mereka anggap sebagai perlengkapan toko yang membutuhkan banyak alokasi modal, sehingga tak jarang mereka lebih memilih menggunakan rak seadanya. Kekeliruan pertimbangan awal ini ternyata sangat berpengaruh besar terhadap kelangsungan usaha mereka. Rak minimarket dengan berbagai macam variannya perlu dihadirkan sebagai rak display yang terorganisir dengan baik, sehingga akan mempercantik toko anda dan akan banyak menghemat ruang. Barang dagangan yang tertata rapi secara vertikal pada arak shel