Memajang
barang dagangan tidak hanya sebatas meletakkan barang pada rak gondola atau
pada etalase saja, tetapi merupakan sebuah bagian dari kegiatan pemasaran.
Semua setuju bahwa sebuah produk akan sulit laku tanpa adanya pemasaran yang
baik. Pemajangan barang adalah sebuah bentuk komunikasi visual yang menimbulkan
rangsangan penjualan.
Tujuan komunikasi visual
dari pemajangan barang
Pada
dasarnya secara umum komunikasi visual tidak memulu ditujukan untuk meningkatkan
penjualan sebuah produk, tetapi
mengarah pada pengenalan brand agar
dikenal oleh masyarakat luas, ini adalah aset masa depan yang menjanjikan untuk
keberlangsungan eksistensi produk.
Menjadi
salah satu bagian dari upaya peningkatan penjualan produk, pemajangan barang
yang baik pada sebuah toko akan menimbulkan
:
- Ketertarikan; dengan melihat produk yang apik di rak toko, akan timbul ketertarikan dari pengunjung untuk melihat lebih dekat, memperhatikan. Bagian ini merupakan bagian dari upaya pengenalan sebuah produk.
- Pembelian tanpa terencana; setelah pengunjung melihat, memperhatikan, dan membandingkan barang yang dipajang di rak display
“sebuah komunikasi visual dapat berjalan dengan
baik jika didukung dengan peralatan
pajang dan teknik
display yang baik”
Beberapa aturan dalam pemajangan barang dangan pada rak gondola adalah
1. Barang-barang dikelompokkan menurut jenisnya
2. Alokasikan ruang/space yang sesuai dengan banyak/sedikitnya kelompok barang
3. Barang yang sering laku ditempatkan pada rak dengan ketinggian eye level (sepandangan mata)
4. Untuk barang kecil-kecil, mahal, ditempatkan di rak kaca atau pada rak display kasir
Macam komunikasi visual
pada sebuah toko
Berdasarkan
letaknya, komunikasi visual dari sebuah display yang baik dibagi menjadi dua
yaitu Window display dan Interior display.
window display |
· Window display;
adalah pemajangan barang dagangan
pada etalase dan area yang tampak dari wajah sebuah toko/minimarket. Pemajangan
ini mewakili sebuah ucapan “welcome” dari sebuah toko kepada calon
pengunjungnya. Tujuan dari window display untuk menarik perhatian, menunjukkan
barang-barang yang dijual, dan menunjukkan kualitas barang secara tidak
langsung.
window display |
·
Interior display;
adalah pemajangan barang dagangan
dengan menggunakan rak gondola, rak mundo, atau rak promo yang ditempatkan di
dalam toko. Dengan sistem display ini barang akan dikenal, dipegang, serta
dapat dibandingkan kecocokan, kualitas, harga, dan model), yang akan merangsang
terjadinya pembelian tak terencana. Pemajangan dengan rak minimarket
memungkinkan sebuah interior display ini berakhir dengan sebuah tindakan
langsung pembelian oleh pengunjung.
interior display |
Prinsip visual display
Proximity : jarak susunan display yang disusun
bersama-sama dan saling memiliki dapat membuat suatu perkiraan atau pernyataan
Similarity : item-item yang sama akan dikelompokkkan
bersama-sama (dlm konsep warna-bentuk, ukuran) bahwa pada sebuah display tidak
boleh menggunakan lebih dari 3 warna
Symmetry : elemen-elemen dalam perancangan display akan
lebih baik dalam bentuk simetrikal
Continuity : sistem perseptual mengekstrakan informasi
kualitatif menjadi satu kesatuan yang utuh
Bagaimanakah
sebuah display barang dagangan yang ideal untuk sebuah toko / minimarket telah dibahas
pada artikel sebelumnya –Teknik dan Jenis Display Pada Minimarket– SENTRA RAK
Comments
Post a Comment