Skip to main content

17 Cara Membuka Minimarket Rumahan Dengan Modal Kecil Terbaru

Bisnis Minimarket Waralaba Atau Minimarket Rumahan ?

Minimarket yang disediakan oleh perusahaan waralaba terkenal harus menyediakan lebih banyak modal untuk membuka usaha tersebut. Setelah anda membeli nama minimarket tersebut lalu anda berhak memiliki usaha tersebut. Memang memiliki usaha waralaba terkesan praktis daripada membuka mini market dengan biaya sendiri. Perlu diingat bahwa membuka usaha minimarket sendiri tanpa join waralaba, kemungkinan besar modal relatif kecil. Bisnis toko kelontong sangat cocok bagi anda yang cenderung beraktifitas di dalam rumah daripada dliuar.

Cara membuka minimarket sebenarnya ditawarkan dalam dua alternatif. Apakah anda ingin membuka sendiri atau ikut bisnis minimarket waralaba. Ini merupakan investasi yang cukup besar dan menjanjikan. Karena tidak ada bisnis minimarket waralaba yang tidak populer. Biaya satu unit minimarket waralaba beserta isinya bisa mencapai 400 juta bahkan 1 M. Dan lokasinya bisa jadi di pinggir kota. Semakin bagus letak lokasi minimarket tersebut, maka biayanya akan semakin mahal.

Jika dilihat dari desain minimarket ini semuanya serupa. Karena desain, isi minimarket, dan manajemennya sudah ditentukan oleh pihak waralaba. Diketahui bahwa pengembalian modal setelah membuka minimarket waralaba paling lama yaitu 3 tahun. Semua biaya yang anda keluarkan untuk membeli satu unit minimarket waralaba ini sudah termasuk izin usaha, gedung, fasilitas minimarket termasuk produk yang akan dijual.

Besarnya invesatasi yang akan anda keluarkan memang setimpal dengan pendapatan per bulannya nanti. Apapun setiap jenis usaha yang ingin anda rintis lebih baik mencobanya sendiri terlebih dahulu. Bisa saja anda bisa menekan biaya pengeluaran untuk membangun minimarket di rumah anda sendiri. modal yang tidak terlalu besar, tetapi anda bisa memanajnya  sendiri. Perlu anda ketahui bahwa memang sedikit ribet untuk mengurus masalah perizinannya. Beberapa proses perijinan dapat anda simak disini. Yang anda perlukan adalah berusaha untuk mencapai kesuksesan anda tersebut.

Cara Membuka Minimarket Rumahan

Strategi bisnis memang sangat diperlukan untuk membuka peluang usaha meskipun kecil. Menjadi pengembang minimarket rumah sendiri membutuhkan analisis bahan-bahan pokok dan barang-barang rumah tangga termasuk usaha bisnis sampingan lainnya sebagai penunjang pemasukan lain sembari bisnis penjulan barang dan bahan makanan.

Meskipun minimarket dinilai kurang lengkap dibandingkan swalayan, setidaknya anda sudah menjual kebutuhan banyak orang yang pasti akan dibeli. Setiap keluarga pasti membutuhkan bahan atau barang rumah tangga untuk kelangsungan hidup. Secara teori memang terlihat mudah, namun kebanyakan orang berfikir lebih susah praktek daripada teori. Berikut ini cara membuka minimarket rumahan  dengan strategi yang tepat.
  1. Pastikan biaya pengeluaran untuk membuka warung sudah dianalisis dengan baik. Biasanya untuk membuka warung dibutuhkan rak, meja, timbangan, kalkualtor, dan sebaginya. Pilihlahh rak yang berkualitas, sehingga akan menghemat biaya perawatan dan membuat tampilan warung / toko menjadi lebih rapi, menarik, dan terpercaya. Sentra Rak menyediakan rak toko berbagai ukuran dan perlengkapan toko lainnya seperti keranjang belanja, meja kasir, gantungan barang, rak gudang, dll.

[BACA JUGA : Layout & Kebutuhan Rak Untuk Minimarket Rumahan]

  1. Mulailah dengan membuka warung dengan implementasi yang kuat yaitu dalam bentuk praktek. Perencanaan tersbut hanya dalam bentuk teori dan sekarang praktekan rencana anda tersbeut.
  2. Manfaatkan tempat atau lokasi yang strategis di dekat rumah anda. Lokasi yang strategis tidak harus di kota, tetapi buka warung tepatnya didepan rumah anda saja sudah cukup untuk mendapatkan pasaran.
  3. Jika tidak ada biaya untuk membuat ruko, manfaatkan garasi rumah anda untuk membuka warung tersebut.
  4. Sudah sreg dengan lokasi dan sasaran pembeli, saatnya memperhitungkan modal dan barang-barang yang akan dibeli. Hindari pembelian barang warung-warung dari toko non supplier besar.
  5. Strategi paling utama untuk membuka warung yaitu beri nama warung anda agar mudah dikenal orang banyak. Beri nama yang menurut anda hoki atau membawa keberuntungan.
  6. Strategi berikutnya yaitu jual lah barang-barang pokok tersebut dengan harga yang lebih murah daripada warung sembako yang lainnya.
  7. Tawarkan paket sembako hemat misalnya paket sembako bulanan berisi beras, minyak kelapa, gula, gandum, mie instan, teh, kopi dan sebagainya. Dijamin warung sembaki anda akan disenangi banyak orang.
  8. Layani pembeli dengan sebaik-baiknya agar datang lagi belanja di warung anda.
  9. Atur semua barang dagangan anda agar lebih rapi dan mudah diambil. Gunakan rak gondola agar semua barang dapat dipajang, dan meningkatkan keinginan membeli dengan banyak barang mudah terlihat. Rak minimarket jenis single maupun double Sentra Rak punya banyak pilihan ukuran yang sesuai untuk toko anda.
Itulah  cara yang paling sederhana untuk memulai dagangan sembako. Jika anda sudah tepat melakukan gebrakan baru untuk usaha anda, maka tinggal menunggu waktu bahwa bisnis anda akan berkembang dengan sendirinya. Tidak hanya mengatur rencana sebaik-baiknya, tetapi juga anda harus mempraktekan rencana anda tersebut. Jika anda suatu kejanggalan sebaiknya anda konsultasikan setiap bisnis yang ingin anda rintis dari awal.

17 Cara Membuat Minimarket Rumahan Laris Manis

  1. Layani Dengan Sebaik-baiknya
Jika anda melayani pelanggan dengan baik maka secara otomatis pelanggan anda akan datang untuk berbelanja lagi. Hindari bahasa yang kurang sopan pada saat melayani pembeli. Bila perlu anda sebaiknya memintanya untuk datang lagi berbelanja dilain waktu.
  1. Tingkatkan kualitas dan kuantitas barang yang dijual.
Pelanggan akan selalu berdatangan jika barang dagangan didalam minimarket tersedia cukup lengkap. Tingkatkan kualitas dan juga kuantitas barang-barang untuk memenuhi kebutuhan pembeli. Jangan biarkan barang makanan yang dijual melebihi expired.
  1. Jual barang-barang dari minimarket rumahan anda lebih murah dibanding yang lain.
Strategi berjualan barang agar laris manis yaitu penjual harus berani mematok harga barang dagangan tersebut lebih murah daripada minimarket lainnya. Pembeli akan datang lagi untuk berbelanja di minimarket jika harganya sesuai dan lebih murah karena toko kelontong juga membutuhkan harga barang murah untuk eceran.
  1. Lokasi tempat harus strategis dan nyaman.
Waspadai lokasi minimarket rawan banjir dan kemacetan. Minimarket seharusnya terletak di tempat yang sangat strategis. Orang akan mengenali minimarket anda jika letaknya startegis dan nyaman untuk singgah berbelanja.
  1. Lengkapi barang dagangan anda dengan mainan anak.
Strategi marketing yang paling sering diambil oleh toko ritel atau waralaba yaitu melengkapi minimarket dengan menjual barang untuk anak-anak misalnya mainan. Jika anda menjual mainan, otomatis anak-anak akan mengajak orangtua berbelanja di minimarket anda.
  1. Jangan lupa menjual peralatan dapur untuk rumah tangga meskipun sedikit.
Sambil menjual bahan pokok, makanan, obat-obatan, peralatan kantor, ada baiknya anda juga menjual perlengkapan dapur. Jual perlangkapan dapur yang lumayan penting dan harganya juga terjangkau. Jangan lupa jual gas elpiji dan air galon.
  1. Gunakan penerangan yang optimal untuk menjual barang di malam hari
Ini dia strategi penjualan agar terlihat menarik yaitu penerangan. Gunakan penerangan yang paling maksimal untuk menarik pembeli berbelanja di malam hari. Minimarket dengan lampu yang terang akan cepat disinggahi banyak pembeli.
  1. Pastikan anda menjual barang-barang untuk perlengkapan bayi dan anak-anak.
Terus tingkatkan jenis-jenis barang yang anda jual misalnya perlengkapan bayi dan anak-anak. Pembeli akan menilai bahwa minimarket anda memang sudah lengkap. Karena barang jualan anda beraneka ragam.
  1. Buat promo yang disebarkan lewat brosur untuk masyarakat disekitar minimarket.
Promo sangat diperlukan untuk memperkenalkan barang dagangan yang sedang diskon di minimarket anda. Buat brosur yang berisi promo barang yang sedang turun harga. Sebarkan brosur tersebut kepada masyarakat sekitar.
  1. Letakkan barang-barnag yang sedang promo dibagain depan.
Tentu saja pembeli akan membeli barang yang harganya sedang promo. Agar pelanggan anda datang lagi, letakan barang-barangg yang sedang dibagian depan pada saat pembeli membuka pintu langsung melihat ke barang-barang yang sedang diskon. Anda juga dapat menggunakan rak promo untuk memajang barang promo seperti di Indomaret / alfamart
  1. Pastikan minimarket anda mempunyai parkir yang luas.
Anda membutuhkan lahan parkir minimarket yang cukup luas. Karena orang akan melihat tempat parkir terlebih dahulu. Terkadang pembeli malas berbelanja karena parkir sempit dan harus bayar.
  1. Buatlah parcel disetiap event besar misalnya bulan puasa, natal, dan akhir tahun.
Parcel sangat penting untuk menambah daya tarik pembeli. Parcel sangat dibutuhkan pada saat event besar. Pembeli lebih suka sesuatu yang praktis. Jadi ada baiknya anda belajar bagaimana cara merangkai parcel sesuai dengan tema even besar tersebut.
  1. Sediakan paket belanja hemat untuk kebutuhan pembeli di setiap bulannya.
Ini sangat perlu jika anda ingin membuka minimarket yaitu sediakan paket belanja hemat khusus untuk bahan-bahan pokok sehari-hari. Patoklah harga sangat hemat agar ibu rumah tangga berbelanja di minimarket anda.
  1. Agar lebih menarik pasangalah beberapa spanduk di depan minimarket anda.
Pasanglah spanduk atau banner bahwa anda benar-benar menjual produk tersebut dengan harga yang terjangkau.
  1. Sediakan tempat duduk untuk memanjakan pembeli.
Buatlah pelanggan anda betah dengan cara menyediakan tempat duduk yang nyaman untuk bersantai setelah berbelanja dari minimarket anda.
  1. Pasang pendingin didalam minimarket anda.
Memasang pendingin ruangan memang membutuhkan biaya yang lebih. Pelanggan akan betah berbelanja jika didalam minimarket anda ada pendingin ruangan,. Jika anda tidak sanggup membeli AC beli saja kipas angin.
  1. Lengkapi minimarket anda dengan menjual pulsa online dan tagihan pembayaran lainnya dengan tarif yang lebih murah

[BACA JUGA : 8 Cara Menata Toko Kelontong Modern]

Sumber : www.kudo.co.id/blog/minimarket-rumahan; 17 Cara Membuka Minimarket Rumahan Dengan Modal Kecil Terbaru

Comments

Popular posts from this blog

Meningkatkan Efisiensi Dengan Rak, Shelving, Dan Storage Vertikal

Berfokus pada nilai efisiensi dalam memaksimalkan ruang yang tersedia, dan menjaga pekerja tetap aman saat aktifitas mereka, maka perusahaan dan pelaku usaha ritel dan grosir mengintegrasikan lebih banyak rak susun, rak gondola shelving, dan rak gudang ke dalam inventaris usaha mereka. Untuk memanfaatkan gudang dan ruang DC (Distribution Center) yang ada dengan lebih baik, serta mempercepat proses flow barang, pelayanan dalam meningkatkan efisiensi, serta menjaga agar pekerja tetap aman, dan menertipkan SKU yang digunakan, perusahaan ritel menggunakan Rak, Shelving, dan Storage Vertikal untuk membantu mereka. Beberapa inovasi baru muncul, membantu pengusaha mendapatkan efisiensi dan mengoperasikan gudang yang lebih cerdas, lebih cepat dan lebih baik. Moving up, not out Sistem yang direkayasa yang menggabungkan struktur multi level adalah sistem yang banyak digunakan saat ini untuk Solusi Penyimpanan. Seiring perusahaan memasukkan struktur penyimpanan multi-level ini ke dalam g

Contoh sistem FIFO, LIFO, AVCO, dan FEFO dalam flow barang dagangan

Mengatur keluar masuknya barang di toko kelontong adalah hal yang harus diperhatikan dan juga perlu dilakukan pencatatan dengan jelas seperti kita bahas pada artikel sebelumnya . Mengapa pencatatan ini penting, agar kita dapat mengetahui persediaan barang di rak gudang beserta harga yang berlaku. Dalam mengatur stok barang dagangan, kita mengenal beberapa sistem diantaranya FIFO, LIFO, FEFO, dan AVCO. Masing-masing sistem manajemen barang tersebut dapat diterapkan dengan model pencatatan Perpetual ataupun Periodik. Sebelum kita bahas bagaimana contoh sistem flow barang dagangan, akan sedikit kami jabarkan tentang sistem pencatatannya dalam akuntansi sederhana. Sistem pencatatan persediaan Perpetual mencatat persediaan barang dagangan dan harga pokok penjualan yang diperbarui terus-menerus pada setiap transaksi jual beli. Dalam sistem persediaan Periodik, persediaan barang dagangan dan harga pokok penjualan tidak diperbarui terus menerus. Sebaliknya pembelian dicatat pada ak

Menentukan Harga Jual Murah di Toko Kelontong/Minimarket

Menentukan harga jual merupakan salah satu kunci sukses  bisnis toko kelontong/minimarket . Perlu anda ketahui salah satu kunci sukses menjual adalah harga yang murah. Lalu Bagaimana dong saya menentukan harga jual agar tidak kemahalan? Apabila anda pemula mungkin belum mempunyai gambaran, “Berapa ya harga ecerannya?” Kalau anda bertanya kepada pebisnis toko kelontong / minimarket yang sudah sukses kemungkinan besar tidak akan diberi tahu sebab ibarat seorang Chef yang selalu merahasiakan resep andalannya. Bagi pemula, hal pertama yang perlu anda tanamkan adalah image TOKO MURAH dari pembeli untuk toko kelontong / minimarket anda. Karena apabila image murah sudah melekat di toko anda akan lebih mudah mengembangkan toko . Namun apabila dari awal toko anda sudah dicap mahal akan lebih sulit mengubah image tersebut dan akibatnya jelas toko anda akan sulit untuk berkembang. Bagaimana strategi menentukan harga jual murah untuk toko kelontong / minimarket anda, diantarany

Cara Membuat dan Menggunakan Planogram Toko Kelontong Modern

Menata barang dagangan di toko dirasa penting dalam mempertahankan sebuah toko yang menguntungkan. Display dan penataan yang baik akan memudahkan anda dalam mengelola flow barang. Selain itu display yang rapi dan terprogram akan tampak lebih menarik bagi pelanggan. Seiring meningkatnya persaingan, para distributor dan pengusaha ritel menjadi lebih sadar akan pentingnya merchandising produk dengan benar. Kesadaran itu mengarah pada tampilan penjualan, perencanaan, dan alat pemasaran lainnya yang lebih baik. Untuk mewujudkan penataan yang baik dalam sebuah toko, kita butuh sebuah planogram. Apa itu planogram? Planogram adalah diagram visual, denah, sketsa, atau gambar, yang memberikan detail jumlah dan dimana setiap produk ditempakan di rak minimarket dalam sebuah toko untuk memaksimalkan penjualan. Planogram merupakan bagian dari rencana  visual merchandising. Skema ini tidak hanya menampilkan lokasi sebuah barang dikelompokkan di dalam tata letak toko tetapi juga menunjukkan l

Memperindah dan Menghemat Ruang Minimarket

Ruang penjualan toko kelontong/minimarket yang sempit merupakan tantangan tersendiri bagi calon pengusaha ritel modern. Sempitnya ruang ditambah dengan banyaknya jumlah dan varian barang yang akan dijual biasanya akan membuat suasana toko/minimarket tradisional menjadi penuh sesak dan terkesan berantakan, apadahal sudah sedemikina rupa disusun dan dirapikan. Apa yang salah dari toko tradisional tersebut? Mereka mengesampingkan hadirnya rak gondola minimarket dan rak gudang yang mereka anggap sebagai perlengkapan toko yang membutuhkan banyak alokasi modal, sehingga tak jarang mereka lebih memilih menggunakan rak seadanya. Kekeliruan pertimbangan awal ini ternyata sangat berpengaruh besar terhadap kelangsungan usaha mereka. Rak minimarket dengan berbagai macam variannya perlu dihadirkan sebagai rak display yang terorganisir dengan baik, sehingga akan mempercantik toko anda dan akan banyak menghemat ruang. Barang dagangan yang tertata rapi secara vertikal pada arak shel