Skip to main content

21 Cara Sukses Mendongkrak Bisnis Kecil Minim Modal


Bisnis kecil dengan modal minim tidak lagi menjadi halangan untuk melakukan pemasaran selayaknya sebuah bisnis besar. Ide kreatif pemasaran yang menarik dan tidak menghabiskan banyak biaya dapat dilakukan dengan mengoptimalkan jaringan bisnis online dan pemanfaatan strategi digital marketing yang baik. Contohnya saja bisa dimulai dengan website kita sendiri. Nah, berikut ini penjelasannya:

1. Optimasi website

Bisnis kecil identik dengan dunia online. Bagaimana tidak, karena media online memberikan kemudahan untuk mempromosikan baik dari segi cara sampai dengan biaya yang sangat murah, bahkan gratis. Menjalankan bisnis online akan sangat familiar dengan sosial media dan juga website toko online.
Kalau kamu menggunakan website toko online untuk berjualan, ini akan memudahkan kamu dalam memposting, dan melayani pesanan pelanggan. Karena beberapa penyedia website toko online akan menyediakan fitur yang lengkap untuk website toko online.

2. Submit URL website ke mesin pencari

Setelah kamu memiliki website atau blog untuk berjualan online. Atau kamu sudah memposting produk atau artikel, jangan dibiarkan begitu saja. Karena Google tidak akan langsung dan mudah membaca halaman tersebut. Submit URL halaman postingan kamu ke mesin pencari.
Tujuan apa? Tentu saja untuk memudahkan mesin pencari sepert Google dalam membaca halaman kita. Dengan begitu pelanggan yang mencari informasi tentang produk kita akan lebih mudah menemukan halaman kita.

3. Tunjukkan visi dan misi bisnismu

Bisnis kecil atau bisnis online akan mengalami kesulitan di awal mereka berdiri, salah satunya yaitu kepercayaan dari pelanggan itu sendiri. Penting untuk kita meyakinkan mereka dengan berbagai cara dan dengan cara yang baik.
Contohnya saja dengan menunjukkan visi dan misi bisnis kita. Kita bisa menuliskannya di blog atau di halaman About Us website kita. Beri penjelasan tentang apa dan siapa kita, bisnis kita, visi dan misi bisnis kita, bahkan apa saja yang akan didapatkan oleh pelanggan.
Tidak perlu memberikan kata-kata yang berlebihan. Sekalipun harus menarik, tapi kalimat yang terkesan berlebihan justru tidak akan dipercaya oleh pelanggan.

4. Mintalah feed back dan testimonial dari pelanggan

Siapapun dilarang untuk bersikap sombong. Entah mereka yang memiliki harta banyak ataupu yang masih merintis bisnis kecil seperti kita. Jangan ragu untuk meminta feed back atau sekedar saran kepada pelanggan. Pelanggan akan merasa dihargai dan dianggap penting saat mereka dilibatkan dalam pembangunan bisnis kecil kita.
Selain itu, mintalah testimonial kepada pelanggan yang sudah membeli produk kita. Baik atau buruk tetap harus diterima dan dievaluasi. Testimonial inilah yang juga bisa membangkitkan kepercayaan dan gairah calon pelanggan untuk membeli produk kita. Cantumkan saja testimonial pelanggan di website atau sosial media. Tanggapan positif akan membuat orang mau mencoba dan memberi tanggapan serupa.

5. Buat dan kirimkan newsletter

Salah satu cara yang harus selalu dilakukan oleh bisnis kecil adalah dengan memperkenalkan diri lebih banyak melalui media yang berbeda. Contohnya dengan membuat dan mengirmkan newsletter kepada pelanggan. Isinya tentang apa? Apa saja, mulai dari tips atau informasi seputar dunia bisnis kamu, bahkan kamu bisa menyelipkan potongan promo produk di newsletter tersebut.
Newsletter dengan informasi penting akan disimpan oleh pelanggan. Dengan ini juga membuat pelanggan mudah mengingat kita dan bisnis kita.

6. Persentasikan bisnis kamu

Jika bisnis kamu masih kecil dan membutuhkan media promosi, kamu bisa mempromosikannya lewat persentasi yang kamu lakukan. Kalau kamu seorang mahasiswa yang juga berbisnis online, kamu bisa mempresentasikan bisnis kamu di depan teman-teman kamu, bahkan memasukkannya di dalam materi dan tugas persentasi di kampus.
Tentu saja dengan cara yang berbeda. Tidak terlalu menjual dan tidak juga terlalu menyamarkan. Sebutkan saja apa bisnis kamu, apa yang kamu berikan dan apa keuntungan pelanggan kamu.

7. Berikan penawaran menarik

Berbagai penawaran mampu meningkatkan jumlah permintaan dan pemesanan pelanggan di suatu bisnis. Seperti diskon, pengiriman gratis, hadiah menarik hingga konsultasi gratis. Termasuk untuk bisnis kecilmu. Kamu bisa memberikan pelanggan beberapa penawaran menarik saat mereka berbelanja di toko onlinemu.
Sebuah study psikologi menyebutkan, bahwa apapun yang membuat seseorang senang atau bahagia, akan cenderung diulang agar mendapatkan kebahagiaan itu terus. Nah, di sini kita bisa menerapkannnya untuk memberi penawaran terbaik untuk pelanggan.

8. Ikuti pameran ataupun bazar

Salah satu media promosi yang murah bahkan gratis adalah dengan mengikuti event, seperti pameran ataupun bazar. Sekalipun hanya di pasar minggu atau pasar dadakan, kamu harus mau memperkenalkan bisnismu ke banyak orang.
Jelaskan apa produk kamu dengan cara yang menarik. Bukan hanya dari segi harga saja, bisa jadi dari pelayanan hingga packaging produk kamu. Jangan lupa saat kamu mengikuti sebuah acara, kartu nama wajib kamu miliki. Sehingga saat kamu berkenalan dengan orang baru kamu tidak akan ketinggalan moment mendapatkan kontak person mereka dan mereka juga akan mengingat kamu lewat kartu nama yang kamu berikan.

9. Tag orang-orang yang kamu kenal di sosial media

Kalau sudah mempromosikan produk atau artikel blog bisnis di sosial media, cobalah tag orang-orang penting yang memiliki banyak teman di sosial medianya. Ini akan membuat mereka mau melakukan share ulang, dan menampilkan postingan itu di beranda orang yang lebih banyak lagi.

10. Buat postingan di blog tamu

Menulis di website bahkan blog memang menjadi sebuah kewajiban kita saat mengembangkan bisnis online. Namun apa traffic pengunjung dari website dan blog bisnis saja sudah cukup? Kita tentu membutuhkan pengunjung yang lebih banyak dan leads yang lebih banyak lagi. Untuk itu kita bisa memposting sesuatu di blog tamu.
Tapi tentu saja memposting di blog tamu yang masih relevan dengan bisnis kita. Jika tidak, pembaca di blog tamu tidak akan mudah tertarik. Carilah blog tamu yang memiliki banyak pegunjung.

11. Ciptakan kontes atau perlombaan yang membutuhkan banyak media

Selain dengan memposting artikel kita juga bisa menarik minat pengunjung untuk masuk dan mengenal bisnis kita dengan sebuah kontes. Tidak perlu terlalu “ribet”, kontes seperti kuis di Twitter atau sekedar teka teki di Facebook juga bisa menarik perhatian orang untuk mencari tahu siapa kita. Saat mereka tertarik mengikuti kontes, mereka juga akan mengenal dan memperkenalkan bisnis kita ke orang yang lebih banyak lagi. Apalagi saat kontes itu memberikan hadiah, sekalipun hanya gratis pulsa.

12. Jangkau jaringan di sosial media asing

Sudah berapa sosial media sih yang kamu gunakan sekarang? Pasti sangat banyak kan. Ini juga bisa jadi media kita dalam mempromosikan bisnisnya. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Path, sampai dengan LinkedIn. Jangan ragu membuat akun untuk bisnis kamu. Dengan itu kamu bisa mempromosikan bisnis dimanapun dan memperkenalkannya kepada siapapun di seluruh dunia.

13. Strategi iklan di media sosial

Beberapa media sosial memiliki ciri khusus pada apa yang lebih mereka tonjolkan. Sebagai contoh, Instagram lebih menonjolkan foto dan video, Facebook lebih pada foto dan sharing media, dll. Untuk mengembangkan bisnis, kita perlu mempelajari strategi penggunaan media sosial, seperti yang pernah kita ulas pada artikel POTENSI TERSEMBUNYI BERBAGAI PLATFORM MEDSOS UNTUK PROMOSI TOKO

14. Gunakan “email signature”

Ada kalanya kita mengirim email kepada teman, atasan atau bahkan klien kita. Melalui email tersebut kita juga bisa mempromosikan bisnis melalui email yang kita kirimkan. Gunakan email signature untuk memperkenalkan diri dan bisnis kita kepada mereka yang menerima email kita.

15. Membuat Vlog

Selain memposting artikel di blog, kita juga bisa memposting video baik di blog ataupun di Youtube. Video menjadi tools promosi yang paling ampuh saat ini. Selain karena trend, video juga lebih mudah menarik perhatian dan dipahami oleh siapa saja yang menyaksikannya.
Kita juga bisa mempromosikan bisnis kita dengan video yang dibuat dan upload di berbagai media. Tidak perlu berdurasi panjang, video dengan durasi hanya 15 detik saja sudah mampu menjadi iklan gratis yang ampuh bagi bisnis kita.

16. Gunakan hashtag untuk promosi bisnis

Jika kamu menggunakan Twitter sebagai media promosi atau Instagram untuk berjualan, maka Hashtag tidak pernah terlewat dari setiap postingan kamu. Dengan hashtag postingan kita memang bisa lebih mudah ditemukan bahkan bukan tidak mungkin menjadi trending topic pembicaraan di sosial media. Untuk itu bangun nilai dan brand awareness pelanggan melalui hashtag yang muncul di sosial media.

17. Optimalkan komunitas lokal

Salah satu cara promosi lainnya yang dirasa ampuh adalah dengan lebih sering berkumpul dan mengikuti komunitas lokal. Melalui komunitas kita akan mendapatkan lebih banyak kenalan, dan juga memiliki media promosi mudah dan tentu saja gratis. Berbagi ilmu juga akan jadi kewajiban kita dan keuntungan kita saat mengikuti komunitas.

18. Jangan abaikan klien lama

Sering terjadi pada bisnis kecil yang terus beranjak naik, yaitu meninggalkan dan mengabaikan klien lama mereka. Padahal mereka adalah orang yang pertama kali membuat bisnis kita dikenal dan beranjak naik. Bukan tidak mungkin justru merekalah yang membuat banyak orang datang dan menjadi pelanggan kita lainnya.
Untuk itu jangan pernah mengabaikan klien lama kamu. Ajak mereka untuk sekedar berdiskusi atau bahkan hanya menyapa melalui email. Tanyakan kabar mereka hingga berujung pada menawarkan kembali produk kita. Mereka yang memang tertarik tidak akan keberatan untuk membalas dan menanggapi email kita.

19. Memiliki vendor tetap

Bisnis kecil memang harus pintar-pintar mencari partner atau relasi untuk bisnisnya. Seperti saat mencari vendor untuk memproduksi barang yang dijual. Jika salah bukan hanya rugi dari segi uang, kita juga akan kembali kesulitan menemukan yang baik. Untuk itu mencari vendor tetap yang juga bisa dipercaya harus dilakukan dengan benar. Carilah reverensi terlebih dahulu untuk vendor yang akan kita gunakan. Tanyakan pada rekan atau mereka yang juga menyediakan produk serupa dengan kita. Bukan untuk menyaingi, melainkan hanya untuk mencari reverensi vendor yang baik dan dapat sama-sama menguntungkan.

20. Daftarkan bisnis di direktori online

Bisnis kita akan sulit dikenal, saat kita hanya diam dan tidak banyak melakukan hal. Seperti mendaftarkan bisnis kita di direktori online. Sekarang banyak direktori online yang menampung website toko online dan membantu pemilik toko online untuk mempromosikan bisnis mereka. Hanya dengan mendaftarkan diri, website kita akan diupload dan dipromosikan. Kita bahkan juga bisa ikut mempromosikan melalui sosial media yang kita miliki.

21. Menjadi sponsor acara

Dan cara terakhir yang cukup ampuh adalah dengan menjadi sponsor sebuah acara. Tidak perlu menyediakan biaya, karena kita sadari bahwa kita juga sangat meminimalkan penggunakan biaya di bisnis kecil kita. Kita bisa menyediakan beberapa souvenir sederhana seperti bolpoin atau noted dengan menyantumkan logo bisnis kita. Dengan begitu mereka akan sedikit terbantu dan kita juga memiliki media promosi yang mudah dan juga murah.


PROMO RAK MINIMARKET RAK SUPERMARKET





Sumber artikel : /mebiso.com/jangan-takut-bangkrut-dulu-bisnis-kecilmu-bisa-sukses-dengan-cara-ini/
Sumber gambar :/businessadvice.co.uk

Comments

Popular posts from this blog

Contoh sistem FIFO, LIFO, AVCO, dan FEFO dalam flow barang dagangan

Mengatur keluar masuknya barang di toko kelontong adalah hal yang harus diperhatikan dan juga perlu dilakukan pencatatan dengan jelas seperti kita bahas pada artikel sebelumnya . Mengapa pencatatan ini penting, agar kita dapat mengetahui persediaan barang di rak gudang beserta harga yang berlaku. Dalam mengatur stok barang dagangan, kita mengenal beberapa sistem diantaranya FIFO, LIFO, FEFO, dan AVCO. Masing-masing sistem manajemen barang tersebut dapat diterapkan dengan model pencatatan Perpetual ataupun Periodik. Sebelum kita bahas bagaimana contoh sistem flow barang dagangan, akan sedikit kami jabarkan tentang sistem pencatatannya dalam akuntansi sederhana. Sistem pencatatan persediaan Perpetual mencatat persediaan barang dagangan dan harga pokok penjualan yang diperbarui terus-menerus pada setiap transaksi jual beli. Dalam sistem persediaan Periodik, persediaan barang dagangan dan harga pokok penjualan tidak diperbarui terus menerus. Sebaliknya pembelian dicatat pada ak

Meningkatkan Efisiensi Dengan Rak, Shelving, Dan Storage Vertikal

Berfokus pada nilai efisiensi dalam memaksimalkan ruang yang tersedia, dan menjaga pekerja tetap aman saat aktifitas mereka, maka perusahaan dan pelaku usaha ritel dan grosir mengintegrasikan lebih banyak rak susun, rak gondola shelving, dan rak gudang ke dalam inventaris usaha mereka. Untuk memanfaatkan gudang dan ruang DC (Distribution Center) yang ada dengan lebih baik, serta mempercepat proses flow barang, pelayanan dalam meningkatkan efisiensi, serta menjaga agar pekerja tetap aman, dan menertipkan SKU yang digunakan, perusahaan ritel menggunakan Rak, Shelving, dan Storage Vertikal untuk membantu mereka. Beberapa inovasi baru muncul, membantu pengusaha mendapatkan efisiensi dan mengoperasikan gudang yang lebih cerdas, lebih cepat dan lebih baik. Moving up, not out Sistem yang direkayasa yang menggabungkan struktur multi level adalah sistem yang banyak digunakan saat ini untuk Solusi Penyimpanan. Seiring perusahaan memasukkan struktur penyimpanan multi-level ini ke dalam g

Menentukan Harga Jual Murah di Toko Kelontong/Minimarket

Menentukan harga jual merupakan salah satu kunci sukses  bisnis toko kelontong/minimarket . Perlu anda ketahui salah satu kunci sukses menjual adalah harga yang murah. Lalu Bagaimana dong saya menentukan harga jual agar tidak kemahalan? Apabila anda pemula mungkin belum mempunyai gambaran, “Berapa ya harga ecerannya?” Kalau anda bertanya kepada pebisnis toko kelontong / minimarket yang sudah sukses kemungkinan besar tidak akan diberi tahu sebab ibarat seorang Chef yang selalu merahasiakan resep andalannya. Bagi pemula, hal pertama yang perlu anda tanamkan adalah image TOKO MURAH dari pembeli untuk toko kelontong / minimarket anda. Karena apabila image murah sudah melekat di toko anda akan lebih mudah mengembangkan toko . Namun apabila dari awal toko anda sudah dicap mahal akan lebih sulit mengubah image tersebut dan akibatnya jelas toko anda akan sulit untuk berkembang. Bagaimana strategi menentukan harga jual murah untuk toko kelontong / minimarket anda, diantarany

Cara Membuat dan Menggunakan Planogram Toko Kelontong Modern

Menata barang dagangan di toko dirasa penting dalam mempertahankan sebuah toko yang menguntungkan. Display dan penataan yang baik akan memudahkan anda dalam mengelola flow barang. Selain itu display yang rapi dan terprogram akan tampak lebih menarik bagi pelanggan. Seiring meningkatnya persaingan, para distributor dan pengusaha ritel menjadi lebih sadar akan pentingnya merchandising produk dengan benar. Kesadaran itu mengarah pada tampilan penjualan, perencanaan, dan alat pemasaran lainnya yang lebih baik. Untuk mewujudkan penataan yang baik dalam sebuah toko, kita butuh sebuah planogram. Apa itu planogram? Planogram adalah diagram visual, denah, sketsa, atau gambar, yang memberikan detail jumlah dan dimana setiap produk ditempakan di rak minimarket dalam sebuah toko untuk memaksimalkan penjualan. Planogram merupakan bagian dari rencana  visual merchandising. Skema ini tidak hanya menampilkan lokasi sebuah barang dikelompokkan di dalam tata letak toko tetapi juga menunjukkan l

Memperindah dan Menghemat Ruang Minimarket

Ruang penjualan toko kelontong/minimarket yang sempit merupakan tantangan tersendiri bagi calon pengusaha ritel modern. Sempitnya ruang ditambah dengan banyaknya jumlah dan varian barang yang akan dijual biasanya akan membuat suasana toko/minimarket tradisional menjadi penuh sesak dan terkesan berantakan, apadahal sudah sedemikina rupa disusun dan dirapikan. Apa yang salah dari toko tradisional tersebut? Mereka mengesampingkan hadirnya rak gondola minimarket dan rak gudang yang mereka anggap sebagai perlengkapan toko yang membutuhkan banyak alokasi modal, sehingga tak jarang mereka lebih memilih menggunakan rak seadanya. Kekeliruan pertimbangan awal ini ternyata sangat berpengaruh besar terhadap kelangsungan usaha mereka. Rak minimarket dengan berbagai macam variannya perlu dihadirkan sebagai rak display yang terorganisir dengan baik, sehingga akan mempercantik toko anda dan akan banyak menghemat ruang. Barang dagangan yang tertata rapi secara vertikal pada arak shel